Puan Maharani usai dilantik sebagai Ketua DPR. (Antara-M. Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA -- Sejumlah politikus dan pengamat bereaksi terhadap rencana pencalonan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dalam bursa Wali Kota Solo. Meskipun sejumlah politikus PDIP menolaknya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani justru berkomentar lain.

Puan menuturkan, siapapun memiliki hak untuk ikut dalam kontestasi politik semisal pilwaklot, tak terkecuali Gibran. Seperti diketahui, Gibran sendiri sudah mendaftar menjadi kader PDIP untuk kemudian melanjutkan proses pencalonanya melalui partai politik. Baca juga: Indo Barometer: Pencalonan Gibran Terbaca Politik Dinasti Jokowi.

“Semua orang berhak dan punya hak untuk bisa mencalonkan dirinya dalam Pilkada 2020. Tapi PDIP kan punya mekanisme untuk bisa menjalankan mekanisme itu, terlebih dahulu supaya proses-proses yang ada di lapangan bisa diikuti secara baik. Jadi ya monggo saja kalau mau mendaftar,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019), dilansir Suara.com.

Terkait anggapan bahwa terjunnya Gibran terjun ke dunia politik dapat menggerus citra Jokowi yang selama ini dinilai tidak haus kekuasaan, Puan enggan menanggapi.

“Jangan tanya ke saya, tanya ke bersangkutan, cita-citanya apa. Pasti semua orang mempunyai kemauan dan cita-cita. Ya kalau memang cita-citanya itu dianggap bisa memperbaiki Solo, ya itu kan hak setiap warga negara,” kata Puan.

Peluang Gibran

Selain itu, putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu juga enggan menanggapi lebih jauh terkait peluang Gibran nantinya bila benar-benar resmi menjadi calon Wali Kota Solo. “Ya enggak tahu, daftar saja belum,” ucapnya. Baca juga: Nyalon Wali Kota, Gibran Rakabuming Disarankan Magang Dulu

Sebelumnya, Gibran saat ditemui di acara Jakarta Culinary Feastival di Senayan, Jakarta, Minggu (6/10/2019), buka-bukaan perihal pilihan politiknya dalam waktu dekat.

"Ya, harus gitu," tutur Gibran saat ditanyai tentang fokusnya di bidang politik yang dikutip Solopos.com dari Bisnis.com.

"Kalau usaha bisnis kan bisa dijalankan orang lain. Sekarang kan Kaesang sudah lulus, sudah bisa saya delegasikan ke Kaesang. Minggu depan dia lulus," tambah Gibran.

Sebagian besar usaha yang dijalankannya bersama Kaesang Pangarep, adiknya, termasuk Mangkok Ku, Ternak Kopi, Goola hingga makanan ringan dengan brand Siap Mas!, ia sebutkan akan diturunkannya pada Kaesang seandainya ia mencalonkan diri dalam Pilkada di wilayah Solo.

"Ya, sebagian besar akan di-manage oleh Kaesang. Ntar aja, belum waktunya. Pilkada masih lama," sambung Gibran. Baca juga: Pilkada Solo: Purnomo Center Tuding Gibran Putra Jokowi Berburu Kekuasaan Ala Barbar

Sumber: Suara.com, Bisnis/JIBI


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten