PTM Terbatas Tingkat PAUD dan SMP di Klaten Akhirnya Dihentikan

Salah satu pertimbangan penghentian PTM terbatas di Klaten yakni siswa PAUD rentan terhadap persebaran Covid-19.

 Bupati Klaten, Sri Mulyani, berbincang dengan siswa di SMPN 6 Klaten. (Solopos.com/ Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, berbincang dengan siswa di SMPN 6 Klaten. (Solopos.com/ Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas 50 persen di satuan pendidikan tingkat pendidikan anak usia dini atau PAUD dan SMP di Klaten dihentikan. Sementara itu, evaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat SD masih menunggu hasil rapat yang dilakukan pada Senin (21/2/2022).

Keputusan menghentikan kegiatan PTM 50 persen di tingkat PAUD serta SMP mulai berlaku Senin (21/2/2022). Salah satu pertimbangan penghentian sementara kegiatan PTM tersebut dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yakni angka kasus aktif Covid-19 di Klaten yang menunjukkan tren peningkatan.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Klaten, Yunanto, mengatakan ada sejumlah pertimbangan menghentikan kegiatan PTM di tingkat PAUD selain faktor angka kasus persebaran Covid-19 di Kabupaten Bersinar yang meningkat. Salah satu pertimbangan yakni siswa PAUD rentan terhadap persebaran Covid-19.

Baca Juga: Setiap Hari Ada Kasus, Sekolah di Klaten Hentikan PTM Terus Bertambah

Hingga saat ini, siswa PAUD belum menerima vaksinasi menyusul belum ada kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk anak di bawah enam tahun. Pertimbangan lain yakni faktor cuaca ekstrem akhir-akhir ini yang memengaruhi daya tahan tubuh termasuk bagi siswa PAUD.

“Kemudian pertimbangan berikutnya kerumunan ibu-ibu [orang tua menunggu siswa PAUD] sulit untuk dikendalikan, sehingga lebih baik kegiatan PTM kami tutup untuk sementara waktu,” kata Yunanto, Minggu (20/2/2022).

Sementara itu, pertimbangan Disdik dan kepala SMP negeri di Klaten sepakat menghentikan sementara kegiatan PTM terbatas lantaran banyak guru dan siswa yang terpapar Covid-19. Selain itu, SMP yang menghentikan sementara kegiatan PTM mereka gegara ada guru atau siswa terpapar Covid-19 terus bertambah.

Baca Juga: Pengumuman! Sekolah di Klaten Masih Terapkan PTM 50 Persen

“Dari hasil evaluasi dan monitoring, banyak guru dan siswa yang kini kondisinya kurang sehat [terpapar Covid-19]. Sehingga perlu kami tutup sementara kegiatan PTM dan berganti dengan PJJ,” jelas dia.

Hingga kini, ada 39 guru dan tenaga kependidikan yang dilaporkan terpapar Covid-19 sejak ada peningkatan kasus Covid-19 selama beberapa pekan terakhir. Jumlah total siswa yang dilaporkan terpapar Covid-19 ada 29 orang. Guru dan tenaga kependidikan serta siswa terpapar Covid-19 tersebar di 21 SMP.

Yunanto menegaskan hingga kini tak ada klaster PTM di Klaten. Guru serta siswa itu terpapar Covid-19 dari aktivitas di luar kegiatan pembelajaran.

Baca Juga: Siswa dan Guru Kena Covid-19,  PTM 50 Persen di Klaten Dievaluasi

“Ini merupakan satu usaha kami agar guru atau tenaga kependidikan yang terpapar untuk sementara istirahat dulu mengembalikan kesehatan mereka. Kalau tetap PTM, karena banyak guru yang terpapar akan terjadi kekosongan. Sementara, kalau tetap dipaksa masuk akan menulari yang lain. Sampai sekarang tidak ada klaster PTM. Oleh karena itu, sebelum terjadi klaster kami putuskan untuk PJJ-kan dulu,” kata dia.

Yunanto menjelaskan penghentian sementara kegiatan PTM di tingkat PAUD dan SMP dimulai Senin (21/2/2022). “Sampai kapannya nanti kami lihat perkembangan setidaknya 10 hari kedepan. Sekaligus biar guru dan siswa yang saat ini sakit, benar-benar segera sehat,” jelas dia.

 

Tingkat SD

Disinggung evaluasi kegiatan PTM di tingkat SD, Yunanto menjelaskan hingga Minggu belum ada keputusan kegiatan PTM di tingkat SD ikut dihentikan atau tetap bergulir seperti selama ini. Disdik berencana menggelar rapat dengan kepala SD pada Senin.

Baca Juga: 6 Sekolah Ditutup karena Covid-19, Disdik Klaten: Bukan Klaster PTM

Kepala SMPN 1 Jogonalan, Endah Sulistyowati, membenarkan dari hasil rapat koordinasi yang digelar Disdik secara virtual bersama kepala SMP pada Sabtu diputuskan untuk sementara kegiatan PTM di SMP dihentikan sementara.

“Ini hanya satu pekan mulai Senin-Sabtu. Selama sepekan itu full daring. Tetapi guru [dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19] tetap masuk untuk melakukan kegiatan PJJ dari sekolah masing-masing. di SMP Jogonalan Senin sudah kami mulai,” jelas Endah.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).

      Kronologi Pekerja Meninggal di Pabrik Bata di Sragen, Terjepit Konveyor

      Polisi menyebut kematian pekerja di pabrik bata ringan di Kecamatan Sambungmacan, Sragen adalah kecelakaan kerja. Korban yang asal Blitar, Jatim meninggal setelah terjepit konveyor.

      Konser Dream Theater, Gibran Datang saat Lagu The Ministry Of Lost Soul

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka datang ke konser Dream Theater di Manahan, Solo, pada pertengahan lagu kedelapan.