PTM Terbatas di Klaten, Siswa Kurang Disiplin Memakai Masker

Pemkab Klaten mengevaluasi siswa kurang disiplin mengenakan masker saat PTM 100 persen tingkat SD dan SMP.

 Siswa SMPN 2 Klaten mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen, Senin (3/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Siswa SMPN 2 Klaten mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen, Senin (3/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan jumlah siswa 100 persen dari kapasitas ruang kelas dipastikan lancar. Hanya, ada catatan terkait kedisiplinan siswa dalam mengenakan masker.

PTM terbatas 100 persen untuk tingkat SD dan SMP di Klaten mulai bergulir pada Senin (3/1/2022). Di Klaten, tercatat sekitar 700 SD dengan jumlah siswa mencapai 81.000 orang. Ada 80 SMP dengan jumlah siswa sekitar 56.000 orang.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, menjelaskan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah dilakukan saban hari. Yoga menilai selama ini protokol kesehatan sudah diterapkan di setiap sekolah mulai dari kewajiban mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir, serta mengatur jarak.

Baca Juga: 96 PNS Klaten Duduki Jabatan Fungsional, Mayoritas Guru dan Penyuluh

Dia memberikan catatan terkait kedisiplinan siswa mengenakan masker. Hal itu berdasarkan hasil pemantauannya ke sejumlah sekolah.

“Sebenarnya protokol sudah dilakukan. Hanya saja saat siswa masuk, ada yang maskernya tidak dikenakan padahal ia membawa. Ini yang harus dibiasakan. Kalau protokol lain sudah dilakukan dan saya melihat langsung. Catatannya hanya itu, soal mengenakan masker karena belum terbiasa,” kata Yoga saat ditemui di Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (5/1/2022).

Yoga berharap guru, karyawan, siswa, serta orang tua selalu menerapkan protokol kesehatan ketat yang sudah diberlakukan selama PTM 100 persen bergulir. Hal itu dimaksudkan agar tak timbul klaster PTM di Klaten.

Baca Juga: Kans Cetak Rekor MURI, 60.000 Orang Klaten akan Semprotkan Eco Enzyme

Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, juga menjelaskan pemantauan ke sekolah dilakukan tim saban hari. Dia meminta agar warga sekolah bisa konsisten menerapkan protokol kesehatan yang sudah diberlakukan guna menjaga dari persebaran Covid-19. Dengan disiplin penerapan protokol kesehatan, PTM 100 persen bisa terus bergulir.

Sebelumnya, Kepala SMPN 2 Klaten, Ismadi, mengatakan PTM 100 persen bergulir dengan tetap memberlakukan pembatasan sesuai protokol kesehatan. Dia menjelaskan ada enam mata pelajaran saban hari dan satu kali waktu istirahat.

Namun, siswa diminta membawa bekal sendiri-sendiri dari rumah lantaran kantin sekolah masih ditutup. Siswa disarankan untuk diantar-jemput orang tua atau anggota keluarga lain dan segera menginformasikan posisi mereka ketika sudah sampai di rumah.

Baca Juga: Kaya Manfaat, Eco Enzyme Gencar Diproduksi PMI Klaten

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menjelaskan vaksinasi anak usia 6-11 tahun terus dikebut untuk mendukung bergulirnya PTM 100 persen. Pada awal pekan ini, capaian vaksinasi anak sekitar 23 persen dari total target sekitar 105.000 anak.

“Pekan ini kami fokuskan juga anak-anak sudah mulai masuk sekolah [semester II] ini untuk mengejar target vaksinasi. Targetnya ada 105.000 anak dan dalam pekan ini harus selesai,” jelas dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

27 Tahun Ngaspal Jalanan, Sopir Bus Bumel Setan Wonogiri Tetap Setia

Seorang sopir bus bumel rute Solo-Wonogiri yang disebut sebagai bus setan setia mengaspal jalanan selama 27 tahun terakhir.

Bakul Sapi Minta Penutupan Pasar Hewan Boyolali Tak Diperpanjang Lagi

Dibanding opsi penutupan pasar hewan di Boyolali, Juni memilih mengusulkan pengetatan aturan saat sapi-sapi masuk.

Jembatan Mojo Solo Kembali Mulus Akhir November, Begini Tahapannya

Rencana pembongkaran sampai pemasangan kembali Jembatan Mojo Solo akan dimulai 5 September sampai 6 November 2022 sehingga bisa kembali dilalui kendaraan pada akhir November 2022.

PMK Merajalela, Belasan Peternak Sapi di Karanganyar Malah Tolak Vaksin

Sejumlah peternak di Karanganyar menolak sapi mereka diberi vaksinasi untuk mencegah tertular penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sepi Penumpang, Kru Bus Bumel Solo-Wonogiri Kudu Setoran Rp1 Juta/Hari

Awak bus bumel jurusan Solo-Wonogiri harus setoran minimal Rp1 juta per hari kepada juragan meskipun sepi penumpang.

Perdana! 101 Ekor Sapi Ternak di Karanganyar Disuntik Vaksin PMK

Dispertan PP Kabupaten Karanganyar mulai melaksanakan vaksinasi perdana penyakit mulut dan kuku atau PMK bagi hewan ternak sapi pada Rabu (29/6/2022).

Bus Bumel Solo-Wonogiri Pernah Jaya, Kini: Hidup Segan Mati Tak Mau

Bus bumel jurusan Solo-Wonogiri yang pernah berjaya hingga awal 2000 kini sangat memprihatinkan.

Ngebut, Internet XL Axiata di Jalur KRL Solo-Jogja Waz Wuzzz.. 

Jaringan internet XL Axiata di sepanjang jalur KRL Solo-Jogja terus ditingkatkan agar kecepatannya stabil dan terus ngebut.

Area Car Free Sunday Wonogiri Akan Bebas Asap Rokok, Anda Setuju?

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, meminta agar area Car Free Sunday (CFS) di Wonogiri menjadi ruang yang ramah anak, yakni melarang pengunjung merokok.

Memaknai Acara Bur-Buran Ayam Nadaran Pada Tradisi Mondosiyo

Acara bur-buran ayam nadaran atau melepas ayam dalam tradisi Mondosiyo memiliki makna filosofis bagi warga Pancot, Tawangmangu, Karanganyar yang menggelarnya.

Hore! Pasar Hewan di Klaten Sudah Buka Hari Ini, Cek Dulu SOP-nya

Pemkab Klaten kembali membuka seluruh pasar hewan di Klaten mulai Rabu (29/6/2022) setelah ditutup selama lebih dari sebulan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Mondosiyo Sudah Jadi WBTB, Warga Karanganyar Minta Dukungan Pemerintah

Warga Pancot, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar meminta peran lebih pemerintah dalam pengembangan Mondosiyo setelah tradisi turun temurun ini ditetapkan menjadi warisah budaya tak benda.

Jembatan Jurug B Solo Dibongkar 1 Oktober 2022, Begini Rencananya

Pemerintah bakal membongkar jembatan Jurug B selama tiga bulan, yakni pada 1 Oktober 2022 sampai 17 Januari 2023 dan pengalihan arus lalu lintas juga mulai 1 Oktober 2022.

Kasus PMK di Sragen Hampir 1.000 Ekor, Pasar Hewan Tetap Dibuka 5 Juli?

Kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK di Kabupaten Sragen terus bertambah hingga mendekati angka 1.000 ekor, tetapi Pemkab berencana membuka pasar hewan mulai 5 Juli 2022.

Bagus Setyawan Jabat Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro

Letkol (Inf) Anggun Wuriyanto menyerahkan jabatan Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad kepada Mayor (Inf) Bagus Setyawan dalam upacara sertijab, Selasa (28/06/2022).

2 Motor Adu Banteng di Jl Ngawi-Sragen Sambungmacan, 1 Orang Meninggal

Kecelakaan adu banteng di Jalan Ngawi-Sragen, tepatnya depan Puskesmas Sambungmacan 2 Dukuh Sundo Asri RT 018, Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen pada Selasa (28/6/2022).