Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

 Simpang tujuh Joglo, Banjarsari, Solo. Foto diambil 8 Juni 2022. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Simpang tujuh Joglo, Banjarsari, Solo. Foto diambil 8 Juni 2022. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pekerjaan pembangunan rel layang (elevated rail) di Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, saat ini memasuki tahap 2 berupa pekerjaan struktur pilar jembatan. Sesuai jadwal, pekerjaan ini berlangsung mulai Agustus 2022 hingga Februari 2023.

Pekerjaan ini berdampak pada perubahan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) di dua ruas jalan yakni jalan Solo-Purwodadi dan Jl Kolonel Sugiyono. Kedua ruas jalan itu harus diubah menjadi searah.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram resmi Dinas Perhubungan Kota Solo, @dishubsurakarta, Senin (15/8/2022) malam, penyempitan jalan menjadi satu arah akan dimulai pada Selasa (16/8/2022) untuk ruas Jl Kolonel Sugiyono.

Sedangkan untuk jalan Solo-Purwodadi, perubahan menjadi satu arah akibat pekerjaan rel layang di Simpang Joglo akan dimulai pada 23 Agustus 2022. Dengan perubahan MRLL ini, Jl Kolonel Sugiyono hanya bisa dilewati kendaraan dari arah utara (Jl Sumpah Pemuda) ke selatan (arah Ngemplak).

simpang joglo solo
Perubahan manajemen rekayasa lalu lintas Jl Kolonel Sugiyono dan jalan Solo-Purwodadi. (Instagram @dishubsurakarta)

Sedangkan jalan Solo-Purwodadi nantinya hanya bisa dilewati dari arah selatan ke utara atau Solo ke Purwodadi. Dinas Perhubungan (Dishub) Solo sebelumnya telah menyiapkan tiga skema pengalihan arus.

Baca Juga: Proyek Simpang Joglo, Jalan Solo-Purwodadi dan Jl Sugiyono Jadi Searah

Skema pertama, kendaraan dari Jl Manunggal menuju Simpanng Joglo dialihkan melewati Jl Kalingga Utama. Skema kedua, kendaraan dari jalan Solo-Purwodadi menuju Jl Kolonel Sugiyono dialihkan melalui Jl Kerinci-Jl Bromo Raya-Jl Sumpah Pemuda.

Skema ketiga, kendaraan dari arah Nusukan dialihkan melewati Jl Letjen Sutoyo dan Jl Sumpah Pemuda. Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo, Mudo Prayitno, menegaskan tidak ada penutupan total jalan selama pekerjaan tahap II rel layang di Simpang Joglo itu.

“Saya tegaskan, untuk pemasangan struktur pilar jembatan, masih bisa dilewati kendaraan. Hanya terjadi penyempitan di jalan Solo-Purwodadi dan Kolonel Sugiyono,” ujarnya, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Tak Masalahkan Jalan Solo-Purwodadi Jadi Searah, Warga Beri Masukan Ini

Pelaksana proyek memang merencanakan penutupan total Simpang Joglo. Namun hal itu baru akan dilakukan padaa Agustus-Oktober 2023 mendatang, saat pekerjaan memasuki tahap pemasangan rangka baja sisi crown.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Piknik ke Solo Sukoharjo Wongiri Naik KA Batara Kresna, Hanya Rp4.000/Orang

      Berikut jadwal, tarif, dan cara menaiki Kereta Api (KA) Batara Kresna dengan rute Solo-Wonogiri PP

      Jamu Jampi Usodo, Warisan Nusantara Menyehatkan Dunia

      Jamu, dari bahasa Jawa kuno jampi atau usodo sebagai salah satu minuman tradisional Indonesia, telah diajukan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nusantara yang menyehatkan dunia.

      Tiket Presale Konser Dewa 19 Solo di Edutorium UMS Ludes, Sisa Harga Normal

      Tiket presale konser Dewa 19 di Solo yang akan diselenggarakan pada 26 November 2022 di Edutorium UMS Sukoharjo ludes dibeli Baladewa.

      Dinilai Kurang Aman, Jembatan Sasak Bengawan Solo akan Diganti Jembatan Darurat

      Pemkot Solo berencana mengganti jembatan sasak di Kampung Beton, Kelurahan Sewu, ke Mojolaban, Sukoharjo, dengan jembatan darurat yang lebih aman.

      Wow! Penyandang Disabilitas Wonogiri Digelontor Rp1,2 Miliar

      Pemkab Wonogiri memberikan bantuan sosial (bansos) kepada 350 penyandang disabilitas di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (30/9/2022).

      Keren! Mobil Listrik Mahasiswa UMS bakal Bersaing di Kompetisi Internasional

      Mobil listrik buatan mahasiswa UMS akan turut dalam kompetisi Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

      Harga Kedelai Stabil Tinggi, Perajin Tempe Wonogiri Terpaksa Perkecil Ukuran

      Harga kedelai di Wonogiri stabil tinggi, sejak munclnya pandemi Covid-19 hingga sekarang.

      Pendaftar Perempuan Kurang dari 30%, Perekrutan Panwascam Sragen Diperpanjang

      Bawaslu Sragen memperpanjang masa pendaftaran panwascam di empat kecamatan karena tak terpenuhi kuota 30% pendaftar perempuan.

      Total Ada 3 Jembatan Sasak Sukoharjo - Solo, Ada yang Baru Proses Bangun

      Total ada 3 jembatan sasak Sukoharjo - Solo yang digunakan sebagai jalur alternatif warga selama penutupan Jembatan Mojo dan Jurug. Salah satunya masih proses pembangunan.

      Polres Karanganyar Salurkan Bantuan 20 Ton Beras

      Polres dan polsek-polsek di Kabupaten Karanganyar serentak menyalurkan bantuan beras total 20 ton kepada warga yang membutuhkan.

      Ditinggal Salat Jumat di Al Aqsha Klaten, 2 Helm Warga Trucuk Diembat Maling

      Aksi pencurian helm terjadi ketika pemilik sedang melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (30/9/2022) pukul 12.17 WIB.

      Jeritan Pelaku UMKM Karanganyar, Bahan Baku Naik Hingga Daya Beli Menurun

      Pelaku UMKM di Karanganyar berharap ada bantuan imbas dari kenaikan BBM. Mereka mengaku omzet mereka merosot setelah harga bahan baku naik dan daya beli masyarakat menurun akibat harga BBM naik.

      Launching Sidoguro Klaten Desember 2022, Mulyani Masih Impikan Kereta Gantung

      Bukit Sidoguro hingga kini masih ditutup lantaran ada proyek penataan di objek wisata yang berlokasi bersebelahan dengan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat tersebut.

      Berstatus Ilegal, Jagal - Warung Kuliner Anjing di Solo Jalan Tanpa Pengawasan

      Karena statusnya yang ilegal, jagal hingga warung kuliner anjing di Kota Solo beroperasi tanpa pengawasan dari instansi terkait.

      Imbas Harga BBM Naik, Polda Jateng Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Boyolali

      Polda Jateng memberikan bantuan berupa paket beras kepada warga Boyolali yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).