SOLOPOS.COM - Pohon salam berusia 630 tahun di Punden Sumber Lanang, Dusun Badan, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar tumbang Senin (30/12/2019) dini hari. (istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR - Pohon berusia 630 tahun di Dusun Badan, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, tumbang Senin (30/12/2019) dini hari.

Diduga pohon tumbang lantaran akar yang sudah lapuk dan tidak kuat menahan pohon yang besar dan tinggi tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan info yang diterima Solopos.com, pohon salam tersebut tumbang menimpa bangunan gapura yang ada di sebelah Pasar Mbathok. Kejadian tumbangnya pohon diduga pada pukul 01.30 WIB.

Tak ada korban jiwa akibat dari tumbangnya pohon tersebut.

Layanan BPJS di RSUD Simo Disetop, Pemkab Boyolali Siapkan Anggaran Rp10 Miliar

Salah satu warga Badan RT 004/ RW 005, Kemuning, Eko Wuryanto, mengatakan pohon tumbang itu berukuran diameter 1,5 meter dan tinggi sekitar 20 meter.

Terbawa Ombak Saat Terapi, Kakek 75 Tahun Meninggal di Pantai Parangkusumo

Pohon tersebut berlokasi di Punden Sumber Lanang, sekitar 20 meter sebelah Pasar Mbathok. Menurutnya, sebelum tumbang, tidak ada hujan ataupun angin yang menerpa.

Habiskan Rp426 Juta, Gedung Serbaguna di Sawit Boyolali Hanya Bertahan 2 Tahun

“Tidak ada hujan angin sebelum tumbang. Kemungkinan karena akarnya sudah busuk jadi akhirnya tumbang. Memang karena pohonnya itu sudah tua. Jadi akarnya sudah tidak kuat menahannya. Jadi akhirnya tadi pagi sudah ambruk dan sempat menutup akses jalan kampung,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (30/12/2019).

Kisah Kelam PSK: Melayani Saat Mens

Sebelum tumbang, kondisi pohon menurutnya memang sudah miring dan menunjukan tanda-tanda akan tumbang. Bahkan menurutnya, kemiringan pohon sudah lebih dari 45 derajat.

Lowongan Kerja Terbaru, Klik di Sini!

“Dari penampakan itu memang sudah kelihatan akan tumbang. Untung saja tidak ada korban. Tumbangnya tidak mengarah ke Pasar Mbathoknya,” imbuh dia.

Curhat Sopir Truk Terjebak Macet di Palang Joglo: Saya Pasrah

Palang Joglo Solo Makin Macet Usai KA Bandara Beroperasi, Netizen Ramai Ungkap Solusinya

Terpisah, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bambang Jatmiko, mengatakan proses evakuasi pohon tumbang belum bisa dilakukan oleh pihaknya.

Pasalnya, proses evakuasi masih menunggu hasil musyawarah warga.

Truk Tabrak Bus Usai Disalip di Sukoharjo, 10 Orang Terluka

Mencuri di Alfamart, Pemuda Solo Dihajar Massa

“Kami sudah mendatangi lokasi tumbangnya pohon salam. Tapi memang belum bisa dievakuasi dulu sementara. Itu kan pohon di punden. Besok [Selasa] kami menunggu informasi terkait kelanjutan evakuasi pohonnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya