SOLOPOS.COM - Bakal Calon Bupati (Cabup) Klaten yang mendaftar via PDIP, Ida Hartono, bersama pengasuh Ponpes Al Barokah Desa Gunting, Kecamatan Wonosari, KH M. Adnan Mualif.

Solopos.com, KLATEN - Bakal Calon Bupati (Cabup) Klaten yang mendaftar via PDIP, Ida Hartono, melakukan safari ke pondok pesantren (Ponpes) yang ada di Kabupaten Klaten, Jumat (7/2/2020). Selain meminta doa restu ke para kiai, Direktur Kiat Motor itu ingin melihat pengembangan yang dilakukan ponpes.

Kunjungan pertama dilakukan Ida bersama timnya ke Ponpes Al Manshur, Dukuh Popongan, Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Klaten. Kedatangan Ida disambut pengasuh ponpes, KH Nashrun Minallah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bacabup Klaten Ida Hartono Kenalkan Potensi dan Akrabkan Warga Lewat Gowes Bareng

Dalam kesempatan itu, Ida bersama timnya berbincang terkait perkembangan Ponpes Al Manshur yang memiliki santri dari berbagai daerah seperti Klaten, Boyolali, Wonogiri, Sukoharjo, dan Karanganyar. Pengasuh ponpes menerapkan sejumlah aturan agar para santri fokus menuntut ilmu salah satunya dengan melarang santri membawa ponsel selama mondok.

Bakal Calon Bupati (Cabup) Klaten yang mendaftar via PDIP, Ida Hartono, berbincang dengan pengasuh ponpes Al Manshur, Popongan, Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Klaten, KH Nashrun Minallah, Jumat (7/2/2020).

Mengakhiri pertemuan itu, KH Nashrun Minallah melantunkan doa. Dia juga berpesan agar Ida tak lupa memperbanyak doa serta terus berusaha agar apa yang diinginkan terkabul. “Semoga mendapatkan apa yang diinginkan dan diberikan semuanya oleh Allah,” kata KH Nashrun Minallah yang langsung disahut Ida memohon doa restu.

Seusai sungkem dan berpamitan, Ida lantas menuju ke Ponpes Al Barokah yang berada di Desa Gunting, Kecamatan Wonosari. Ida diterima langsung oleh pengasuh ponpes, KH M. Adnan Mualif. Sama halnya dengan kunjungan di Ponpes Al Manshur, Ida bersama timnya diterima dengan hangat pengasuh serta warga ponpes.

Pilkada Klaten: Ida Hartono Blusukan ke Pasar, Minta Doa Restu dan Borong Jualan Pedagang

KH. M. Adnan Mualif sempat mengajak Ida mengunjungi hasil pengembangan yang dilakukan ponpes seperti budi daya ikan dan pertanian. Ada kolam-kolam ikan di belakang ponpes itu untuk budi daya aneka jenis ikan seperti gurami dan ikan koi. Ida terkesan dengan pengembangan budi daya ikan koi oleh pengasuh bersama warga ponpes yang bisa dipasarkan ke berbagai daerah.

Selain singgah untuk melihat pengembangan ponpes, Ida memanfaatkan kunjungan itu untuk mengikuti Salat Jumat di masjid Ponpes Al Barokah. Seusai Salat Jumat, Ida berinteraksi dengan para jamaah salat.

Bakal Calon Bupati (Cabup) Klaten yang mendaftar via PDIP, Ida Hartono, bersama pengasuh Ponpes Al Barokah Desa Gunting, Kecamatan Wonosari, KH M. Adnan Mualif melihat budi daya ikan yang dilakukan warga ponpes, Jumat (7/2/2020).

Ida mengatakan kunjungan ke ponpes menjadi agenda penting yang dia lakukan. Ponpes selama ini mewarnai perkembangan Islam nusantara. Ponpes menjadi tempat pengembangan sumber daya manusia yang berakhlak.

Seiiring perkembangan zaman, Ponpes tak hanya menjadi tempat menuntut ilmu agama. Ponpes menjadi tempat pemberdayaan para santri serta warga di sekitarnya. Ida menyontohkan seperti pengembangan budi daya ikan yang cukup sukses dilakukan di Ponpes Al Barokah.

Pilkada Klaten: Kunjungi Panti Asuhan, Bacabup Ida Hartono Bersedekah Sembari Memberi Motivasi

“Sangat bagus apa yang dilakukan seperti di Ponpes Al Barokah. Tidak hanya menyiapkan SDM unggul di bidang agama, ponpes bisa menjadi tempat untuk pemberdayaan masyarakat,” kata Ida yang merupakan putra sulung inisiator mobil Esemka, Sukiyat. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya