Pilkada Klaten: Ida Hartono Blusukan ke Pasar, Minta Doa Restu dan Borong Jualan Pedagang
Bacabup Klaten, Ida Hartono (kanan jongkok), saat blusukan ke pasar tradisional di Klaten, Sabtu (1/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Bakal calon bupati (bacabup) Klaten, Ida Hartono, blusukan ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bersinar, Sabtu (1/2/2020) pagi.

Kehadiran Direktur Kiat Motor itu di pasar tradisional memperoleh sambutan hangat dari para pedagang dan pembeli.

Blusukan ke pasar tradisional itu bertujuan menjalin tali silaturahmi sekaligus upaya meramaikan pasar tradisional agar pasar tidak hilang kumandange.

Pagi tadi, Ida Hartono didampingi para pendukungnya menyapa pedagang di Pasar Srago (Kecamatan Klaten Tengah), Pasar Totogan (Kecamatan Ngawen), Pasar Gabus (Kecamatan Jatinom), dan Pasar Kembang (Kecamatan Kemalang).

Cabup Klaten, Ida Hartono (kiri), saat blusukan ke pasar tradisional di Klaten, Sabtu (1/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)
Bacabup Klaten, Ida Hartono (kiri), menyapa pedagang saat blusukan ke pasar tradisional di Klaten, Sabtu (1/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)

Di Pasar Srago Klaten, Ida Hartono yang juga putra sulung H. Sukiyat, pemilik Kiat Motor, memborong sayur-mayur, kacang, pisang, alat-alat rumah tangga (RT), ikan asin, aneka jajanan pasar.

Di Pasar Totogan dan Pasar Gabus, Ida Hartono memborong buah-buahan, daging segar, dan lainnya.

Sementara itu, saat blusukan di Pasar Kembang, Ida Hartono membeli buah-buahan, seperti durian, dan lainnya. Di lokasi terakhir ini, Ida Hartono juga memborong es krim dan cilok yang dijual pedagang di pinggir jalan di dekat Pasar Kembang.

Cabup Klaten, Ida Hartono, saat blusukan ke pasar tradisional di Klaten, Sabtu (1/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)
Bacabup Klaten, Ida Hartono, saat blusukan ke pasar tradisional di Klaten, Sabtu (1/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)

Selain memborong kebutuhan sehari-hari, Ida Hartono yang mendaftar bacabup Klaten melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga berinteraksi dengan para pedagang dan pembeli yang ditemui di pasar tradisional.

Di antara pedagang yang ditemui sambat di hadapan Ida Hartono lantaran dagangannya tak terlalu laris.

Pada kesempatan itu, sejumlah pedagang dan pembeli di pasar tradisional secara terang-terangan siap mendukung Ida Hartono di Pilkada 2020. Para pedagang dan pembeli pun ingin mengabadikan momentum spesial itu dengan meminta foto bersama Ida Hartono.

“Terus terang, sambutan dari para pedagang dan pembeli di pasar tradisional luar biasa. Tadi juga bertemu dengan para pedagang yang sepuh-sepuh. Saya pun juga minta doa restu. Ini menjadi energi positif dan motivasi tersendiri bagi saya. Ke depan, saya siap mengembangkan pasar tradisional. Saya pribadi sudah begitu familiar dengan pasar tradisional,” kata Ida Hartono, saat ditemui solopos.com, di sela-sela blusukan, Sabtu.

Cabup Klaten, Ida Hartono (kanan), saat blusukan ke pasar tradisional di Klaten, Sabtu (1/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)
Ida Hartono (kanan) menyalami pedagang saat blusukan ke pasar tradisional di Klaten, Sabtu (1/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)

Salah satu pedagang di Pasar Totogan, Kecamatan Ngawen, Warso Suwito Kukam, 90, mengaku senang dikunjungi Ida Hartono selaku bacabup di Klaten.

Melalui kegiatan blusukan itu, Ida Hartono diharapkan dapat memahami yang dirasakan masyarakat kecil, terutama pada pedagang di pasar tradisional.

“Saya turut berdoa [semoga jadi bupati]. Aja lali mbahe [saat menjadi bupati],” katanya.

Cabup Klaten, Ida Hartono, blusukan ke pasar tradisional di Klaten, Sabtu (1/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)
Bacabup Klaten, Ida Hartono, blusukan ke pasar tradisional di Klaten, Sabtu (1/2/2020). (Solopos-Ponco Suseno)

Hal senada dijelaskan penjual es krim keliling di Pasar Kembang, Kecamatan Kemalang, Mardi, 61. Penjual es krim keliling itu mengapresiasi semangat blusukan yang dilakukan Ida Hartono.

“Saat saya ingin berangkat ke sini tadi, tiba-tiba kebanan [ban bocor]. Dalam hati, ada apa ini? Begitu tiba di sini, ternyata bertemu dengan Mas Ida Hartono. Barang dagangan saya diborong langsung,” katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho