SOLOPOS.COM - Ida Hartono berfoto dengan warga Panti Asuhan dan Yayasan Pemeliharaan Bayi Terlantar (YPBT) Siwi Mekar di Kelurahan Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (31/1/2020). (Solopos)

Solopos.com, KLATEN -- Bakal calon bupati (bacabup) Klaten, Ida Hartono, menyambangi sejumlah panti asuhan di Kabupaten Bersinar, Jumat (31/1/2020). Suasana hangat dan akrab menyambut Ida di setiap panti yang dia datangi.

Ida membaur, mengobrol santai serta akrab bersama pengasuh dan anak panti asuhan. Direktur Kiat Motor itu menggendong hingga mengajak anak-anak bermain.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ada tiga panti asuhan yang didatangi Ida bersama timnya hari itu. Kunjungan pertama dilakukan ke Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah di Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah. Di tempat itu, Ida disambut puluhan warga panti asuhan yang dipimpin ketua panti, Muhtarom.

Ida Hartono mengunjungi Panti Asuhan Putri Aisyiyah Klaten di Kelurahan Tonggalan, Kecamatan Klaten Tengah, Jumat (31/1/2020). (Solopos)
Ida Hartono mengunjungi Panti Asuhan Putri Aisyiyah Klaten di Kelurahan Tonggalan, Kecamatan Klaten Tengah, Jumat (31/1/2020). (Solopos)

Sambutan tak kalah meriah diberikan kepada Ida ketika mengunjungi Panti Asuhan Putri Aisyiyah Klaten yang beralamat di Kelurahan Tonggalan, Kecamatan Klaten Tengah. Di tempat itu, hampir seluruh pengurus beserta warga panti datang menyambut rombongan serta menjamu Ida bersama timnya.

Bakal Jadi Miliarder, Warga Kebonarum Klaten Ini Malah Galau

Sambutan yang meriah itu membuat Ida terkesan. Kunjungan dilanjutkan ke Panti Asuhan dan Yayasan Pemeliharaan Bayi Terlantar (YPBT) Siwi Mekar di Kelurahan Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan. Baru memasuki pintu gerbang, Ida beserta rombongan langsung diserbu anak-anak yang berebut minta bersalaman.

Tak hanya bersalaman, Ida menggendong serta bermain bersama anak di tempat pengasuhan bayi dan anak terlantar tersebut. Kedatangan Ida bersama timnya tak hanya memberikan sedekah ke panti asuhan. Ida memberikan motivasi kepada anak-anak panti asuhan.

Ida meminta anak-anak panti tak patah semangat mengejar cita-cita mereka meski hidup dengan keterbatasan karena kondisi yatim, yatim piatu, atau terlantar hingga mereka dirawat dan dididik di panti asuhan. Ida mencontohkan Sukiyat, ayahnya yang selama ini menjadi motivator utama bagi Ida.

Mantap! 5 Pemain Jebolan Liga 1 Gabung Persis Solo

Keterbatasan fisik lantaran mengalami disabilitas sejak kecil tak menyurutkan semangat Sukiyat. Sempat mengalami jatuh-bangun dalam mengembangkan usaha, Sukiyat tak patah arang hingga sukses membangun usahanya yakni bengkel Kiat Motor hingga menjadi inisiator mobil Esemka serta AMMDes.

“Jadi tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asalkan kita mau berusaha, berdoa, belajar, bekerja keras dan ikhlas pasti bisa sukses menggapai apa yang dicita-citakan,” kata Ida kepada anak-anak panti.

Ida Hartono menyalami anak-anak Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah di Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, Jumat (31/1/2020). (Solopos)
Ida Hartono menyalami anak-anak Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah di Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, Jumat (31/1/2020). (Solopos)

Aktivitas memberikan sedekah sudah menjadi rutinitas Ida beserta keluarga besarnya. Selain ke panti, Ida menyambangi serta memberikan sedekah ke dua masjid pada kegiatan yang dia gulirkan Jumat itu.

Pengasuh Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah, Muhtarom, menceritakan selama ini Sukiyat menjadi salah satu penyangga terbesar pada kegiatan panti yang mengasuh hampir 60 anak tersebut. Muhtarom pun mendoakan agar cita-cita Ida menjadi Bupati Klaten terkabul.

Cuaca Solo & Jateng Panas di Puncak Musim Hujan, Ini Penjelasan BMKG

Ketua Panti Asuhan Putri Aisyiyah Klaten, Purnami, menyampaikan ada 45 anak usia SD hingga SMA sederajat yang tinggal di panti serta delapan remaja yang kini sudah menempuh jenjang pendidikan perguruan tinggi. Ada 130 anak dari luar asrama yang berkegiatan di panti tersebut.

Sementara itu, Ketua Panti Asuhan dan Yayasan Pemeliharaan Bayi Terlantar (YPBT) Siwi Mekar, Sri Redjeki, juga menyampaikan terima kasih sedekah serta motivasi yang diberikan Ida siang itu. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya