SOLOPOS.COM - Gibran-Teguh menggelar jumpa pers usai dilantik sebagai Wali Kota-Wawali di Gedung DPRD Solo, Jumat (26/2/2021). (Solopos-Mariyana Ricky P.D)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyebut Sabtu dan Minggu (27-28/2/2021) tak menjadi hari libur bagi dirinya dan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Dia tak akan menunggu Senin (1/3/2021) untuk mulai bekerja, bahkan langsung mengagendakan sejumlah peninjauan usai dilantik pada Jumat (26/2/2021).

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

“Sabtu dan Minggu ini bukan hari libur untuk saya dan Pak Teguh. Pada Sabtu mulai jam 08.00 WIB, kami akan mulai vaksinasi pedagang di Pasar Gede dan Klewer. Kami akan bekerja dan langsung gerak dan tidak menunggu sampai Senin. Tidak ada libur, dua pasar itu menjadi pusat ekonomi masyarakat. Vaksinasi tidak boleh ditunda sampai Senin. Kebut vaksinasi kebut pemulihan ekonomi,” kata dia, dalam pidato pertamanya usai dilantik di Gedung DPRD Karangasem Solo, Jumat pagi.

Baca juga: Gibran dan Teguh Resmi Dilantik Menjadi Wali Kota-Wawali Solo

Gibran kemudian menyebut tentang Solo yang menjadi gudang anak kreatif dan inovatif. Keduanya mendorong munculnya peluang di tengah kesulitan.

Anak Muda Naik Kelas

Guna membuka peluang tersebut, pihaknya akan membikin banyak creative hub (pusat kreatif) dan co-working space (ruang kerja bersama) agar anak muda semakin naik kelas.

Ihwal program di kepemerintahan, Gibran bakal melanjutkan e-budgeting, e-catalogue, dan e-monev sehingga APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) bisa dikelola lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Gibran dan Bobby Nasution Dilantik Jadi Wali Kota, Jokowi Resmi Cetak Rekor

Program berbasis teknologi bakal mendukung penyelenggaraan pemerintah dalam konsep good governance (kepemerintahan yang baik).

“Kami menyadari ini bukan pekerjaan ringan. Untuk itu kami mohon dukungan jajaran Pemkot dan segenap unsur masyarakat agar selama kepemimpinan kami bisa mengemban amanah membangun Kota Solo menjadi lebih baik,” ucapnya.

Gibran lantas menyinggung peran big data yang sangat krusial bagi smart city. Big data, sambungnya, memberikan info akurat dan menjadi dasar dalam menentukan keputusan dan langkah strategis dalam perencanaan pembangunan.

Ayah Jan Ethes itu lantas kembali mengingatkan tentang protokol kesehatan di tempat-tempat produktif. Ia optimistis Solo bisa segera bangkit dari Pandemi Covid-19.

Agenda Padat Gibran

Kepada wartawan usai dilantik, dia kembali menyebut tentang agenda padat yang akan dilakukannya. Gibran menyebut agenda pertamanya setelah menjadi wali kota adalah mengecek persiapan pelaksanaan vaksinasi pedagang di Pasar Gede.

Setelah pedagang, vaksinasi bakal menyasar para tenaga kependidikan agar pembelajaran tatap muka bisa segera dimulai.

“Akan kami buat timeline-nya. Nanti setelah pedagang pasar selesai, kami lanjutkan kepada guru-guru. Pokoknya kami kebut. Solo termasuk yang paling cepat. Sabtu mulai vaksinasi pedagang di Pasar Gede dan Klewer karena dua pasar tersebut adalah yang paling penting di Solo sebagai pusat kegiatan ekonomi,” bebernya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Massal Wartawan, Bersama untuk Melindungi Bangsa

Soal panggilannya, Gibran tak memilih antara dipanggil pak atau mas. Keduanya sama saja.

“Yang penting teman-teman media seperti pesan saya waktu HPN (Hari Pers Nasional) untuk terus mencerdaskan bangsa melalui berita objektif dan menyebarkan optimisme,” kata dia. Gibran mengaku sudah mendapatkan vaksin Covid-19 beserta wakilnya, Teguh.

Sementara soal kinerja Ketua Tim Penggerak PKK, ia mengaku sudah berpesan kepada sang istri, Selvi Ananda untuk menekan angka stunting (perawakan pendek), kemudian meningkatkan program perlindungan ibu dan anak serta penyandang disabilitas.

“Juga mengawal adik-adik kita yang sedang belajar di rumah. Kami pastikan mereka menerima edukasi yang cukup. Kami percepat vaksinasi supaya sekolah bisa buka,” imbuh Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya