Pertamina Cari Sumber Migas di Salatiga

Pertamina melalui tim Hulu Energi sedang melakukan penelitian untuk mencari kandungan migas di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng).

 Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menandatangani kerja sama penelitian yang dilakukan tim Pertamina Hulu Energi (PHE) di Hotel Laras Asri, Kota Salatiga, Selasa (5/10/2021). (Solopos.com-Humas Pemkot Salatiga)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menandatangani kerja sama penelitian yang dilakukan tim Pertamina Hulu Energi (PHE) di Hotel Laras Asri, Kota Salatiga, Selasa (5/10/2021). (Solopos.com-Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA – Tim Pertamina Hulu Energi (PHE) akan melakukan penelitian untuk mencari sumber minyak dan gas bumi (migas) di wilayah Kota Salatiga

Penelitian ini akan berlangsung selama empat bulan, mulai November 2021 hingga Februari 2022 di empat kecamatan yang ada di Kota Salatiga.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menyambut baik dan mendukung kegiatan penelitian untuk pencitraan struktur sedimen bawah permukaan tanah yang dilakukan tim dari Pertamina itu.

Baca jugaKandungan minyak di Indonesia menipis

“Saya harap kegiatan penelitian ini dapat bermanfaat bagi Kota Salatiga,” ujar Wali Kota Salatiga saat menghadiri sosialisasi penelitian survei seismik 2 di mensi vibroseis sub-vulkanik di Hotel Laras Asri, Kota Salatiga, Selasa (5/10/2021).

Menurut Wali Kota, penelitian mencari kandungan migas ini baru kali pertama dilakukan di Kota Salatiga. Cara kerja penelitian menyerupai proses ultrasonografi yang dilakukan terhadap permukaan bumi.

Penelitian ini pun, lanjut Yuliyanto, tentunya sangat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu juga merupakan upaya Indonesia membuka potensi wilayah yang mempunyai banyak gunung berapi dan endapan vulkanik.

“Pelaksanaan survei ini menggunakan truk vibroseis yang akan bekerja di sepanjang jalan di empat kecamatan di Salatiga. Dalam upaya mendukung keiatan ini, saya minta dinas terkait, para cama, dan rekan-rekan TNI Polri untuk bisa menyosialisasikan ke masyarakat dan mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Baca jugaKeren! Kampung Argomulyo di Salatiga Dikukuhan Jadi Kampung Singkong

Sementara itu Field Supervisor Pertamina Hulu Energi, Agung Adi, mengatakaan penelitian ini bertujuan untuk mempelajari citra sub-vulkanik. Tidak hanya di Salatiga, penelitian untuk mengetahui kandungan migas ini juga akan dilakukan di wilayah Kabupaten Semarang, Boyolali, Grobogan, Sragen, Karanganyar, dan Blora.

“Alat yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah mobil vibroseis sebagai sumber gelombang, dan smartsolo sebagai penangkap gelombang yang akan dipasang di sepanjang lintasan area penelitian,” terang Agung.

Penelitian, lanjut Agung, merupakan program pemerintah yang dimandatkan kepada Pertamina untuk melakukan kegiatan operasional meneliti struktur bawah permukaan bumi. Penelitian itu merupakan kegiatan awal, karena masih ada metode-metode yang akan dilakukan pemerintah setelah memperoleh data lengkap.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pj Wali Kota Salatiga Sebut Tenaga Honorer Dihapus Tidak Realistis

      Pj. Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, menyebut rencana tenaga honorer dihapus tidak realistis dan minta pemerintah pusat meninjau ulang kebijakan tersebut.

      Periksa Kerangka Manusia di Kendal, Polisi Temukan Tato Bertuliskan Ini

      Polisi menemukan bekas tato saat melakukan pemeriksaan kerangka manusia yang ditemukan di Kendal.

      Terkuak! Kerangka Manusia di Kendal Milik Laki-Laki

      Polda Jateng mengumumkan hasil pemeriksaan terhadap kerangka manusia yang ditemukan di pinggir sungai di wilayah Kabupaten Kendal.

      BPJS dan Pemkab Grobogan Maksimalkan Capaian Penerima Bantuan Iuran JK

      BPJS Kesehatan dan Pemkab Grobogan berupaya memaksimalkan capaian peserta PBI JKN di Grobogan.

      Melihat Koleksi Prangko Kantor Pos Besar Semarang

      Kantor Pos Besar Semarang sebagai kantor pos kedua yang didirikan di Indonesia memiliki ratusan koleksi prangko yang sarat akan sejarah.

      Duh! Akibat Korsleting, Satu Rumah di Salatiga Ludes Dilahap Api

      Sebuah rumah milik warga Domas, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, mengalami kebakaran hingga ludes.

      Kerangka Manusia di Kendal Dikirim ke RS Bhayangkara, Hasilnya?

      Satreskrim Polres Kendal masih menunggu hasil forensik kerangka manusia yang ditemukan di pinggir Sungai Depok, Kabupaten Kendal, Senin (8/8/2022).

      Sejarah Sembir di Salatiga, Dulu Lokalisasi Kini Jadi Wisata Karaoke

      Sejarah prostitusi di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan Sembir atau kawasan Sarirejo yang kini telah bertransformasi menjadi kawasan wisata karaoke.

      Remaja SMP di Pati Jadi Budak Seks, Pelaku Belum Tertangkap

      Seorang remaja putri di Kabupaten Pati, Jateng, mengalami peristiwa tragis dengan menjadi korban penyekapan dan dijadikan budak seks selama berbulan-bulan.

      Petilasan Sekarno di Gunung Muria

      Puncak Natas Angin di Gunung Muria menyimpan petilasan Presiden pertama RI, Soekarno.

      Polisi Selidiki Kerangka Manusia yang Ditemukan Warga Saat Cari Rumput

      Penemuan kerangka manusia ditemukan di Desa Pasigitan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Senin (8/8/2022) kemarin, sempat menghebohkan warga.

      Keren! Salatiga Kini Punya Kampung Inggris, Ini Lokasinya

      Restoran Joglo Ki Penjawi di Kota Salatiga, Jateng, diubah menjadi Kampung Inggris atau tempat kursus bahasa Inggris.

      Pemkab Grobogan Dukung Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

      Tujuan pembagian bendera Merah Putih ini selain mendukung gerakan nasional, juga untuk meningkatkan nasionalisme.

      Innalillahi! Satu Anak di Magelang Meninggal akibat Covid-19

      Dinas Kesehatan Kota Magelang melaporkan adanya satu pasien anak yang meninggal dalam kondisi terpapar Covid-19.

      Ternyata! Suami di Banyumas yang Jual Istri Punya Kelainan Seksual

      Seorang suami di Banyumas berinisial TT, 55, tega jual istri sendiri untuk melayani nafsu bejat pria lain.