SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo Women diperkenalkan kepada publik melalui akun media sosial resmi Persis Solo. (Istimewa/Persis Solo)

Solopos.com, SOLO – Persis Solo resmi membentuk tim putri untuk mengarungi kompetisi Liga 1 Putri mendatang.

Pembentukan tersebut juga untuk memenuhi AFC Licensing Regulation Standard terkait pembentukan tim putri.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, dalam keterangannya, mengatakan PSSI memperkenalkan AFC Licensing Regulation Standard yang harus dipenuhi oleh Persis Solo sebagai klub yang berhasil promosi ke Liga 1.

Salah satu persyaratannya yakni pembentukan tim putri. “Demi memenuhi persyaratan itu, Persis Solo menyatakan siap membangun klub putri profesional untuk mengarungi Liga 1 Putri yang akan dijalankan kembali setelah sempat vakum,” kata dia.

Baca Juga: Tahan PPLP Jateng, Persis Youth Lolos Ujian Mental di Stadion Jatidiri

Bryan menyebut Persis Solo berkomitmen dalam pembentukan tim putri Persis Solo Women dan menunjukkan keseriusan mereka turut aktif dalam pengembangan dan pembinaan yang sama dengan tim profesional pria.

Rasiman selaku pelatih kepala Persis Youth dan juga ditunjuk sebagai Head Project Persis Women, mengatakan bahwa tim ini dibentuk secara serius sehingga bisa turut mengembangkan sepak bola putri di Indonesia.

Baca Juga: Persis Solo Susun Skuad untuk Liga 1, Bagaimana Peluang Pemain Youth?

“Persis Solo akan menjadi The First Professional Women’s Football Team di Indonesia. Kita akan memberikan kontrak profesional jangka panjang dan ini adalah bentuk keseriusan kita. Semoga ini dapat menjadi efek domino terhadap pengembangan sepak bola wanita di Indonesia,” kata Rasiman.

Kekuatan Persis Solo Women boleh dibilang mengerikan. Menurut Bryan, sudah ada sekitar 14 pemain tim nasional (Timnas) putri Indonesia yang sudah dikontrak untuk dibawa ke Persis Solo Women. Demi memberikan kesempatan yang lebih luas kepada putri daerah dan pemain lain yang ingin bergabung, Persis Women akan melaksanakan seleksi terbuka untuk menambah kekuatan tim.

Baca Juga: Nasib Hamdi di Persis Solo Belum Jelas, Dikabarkan Diminati PSS Sleman

“Sejauh ini sudah ada sekitar 14 pemain tim nasional yang kita rekrut, setengah dari skuad keseluruhan Persis Women. Kami juga merekrut pemain asli Solo untuk dibawa ke tim ini. Nah, ke depa Persis Women akan melaksanakan seleksi terbuka untuk menambah kekuatan tim dan memberikan kesempatan seluruh pemain yang ada di Indonesia dan putri daerah Solo khususnya,” kata Rasiman.

Dia menambahkan rekruttan lokal bertujuan Persis Solo bisa mendapatkan bibit baru lainnya. Sedangkan Harapan dari Persis Women ialah agar bisa bersaing secara kompetitif di ranah profesional.

Rasiman berharap agar tim ini berusaha mendapatkan kesempatan bermain di Women’s Asia Champions League. Pengembangan lebih lanjut terhadap pemain juga dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan klub Eropa agar pemain sepakbola putri di Indonesia bisa mendapatkan kesempatan bermain di luar negri.

Baca Juga: Kabar Tugiyo, Maradona Purwodadi Sempat Poles Pemain Muda PSIS Semarang

Persis Women memperkenalkan tiga rekrutan pertamanya, yakni Shafira Ika Putri, Riska Aprilia, dan Bunga Syifa Fadillah. Shafira Ika Putri yang sebelumnya membela Arema Women dan berhasil membawa tim tersebut meraih juara III Piala Pertiwi 2021/2022 mengungkapkan bahwa keseriusan Persis dalam membentuk tim wanita menjadi alasannya ingin bergabung dengan Persis Women.

“Persis menunjukkan keseriusannya dalam membentuk tim wanita, salah satunya ialah memberikan kontrak jangka panjang, pembinaan yang lebih serius dan membuat saya semakin yakin untuk bergabung,” kata pemain yang akrab disapa Ika tersebut.

Baca Juga: Mantap, Irfan Jauhari Cetak Gol, Timnas U-23 Menang 4-2 di Korea

Tidak hanya itu, Persis Women juga melakukan perekrutan terhadap bibit asli dari Solo demi mengembangkan pemain asli daerah. Bunga Syifa Fadhillah yang sebelumnya pernah mengikuti TC Timnas putri untuk Kualifikasi Piala Asia 2022 ini merasa senang bisa bergabung dan berharap akan ada lebih banyak lagi pemain dari Solo mendapatkan kesempatan bergabung bersama tim.

“Harapannya sih dengan dibentuknya Persis Women ini dapat menambah semangat pemain-pemain sepak bola putri, khususnya di Solo. Semoga dapat lebih mengembangkan dan menemukan bibit-bibit lainnya selaku putri asli daerah Solo,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya