Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK, Istana Bantah Terkait Politik

Terkait pernikahan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi dengan Ketua MK, terkadang orang sulit membedakan urusan pribadi dengan urusan negara.

 Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membantah adanya isu politik dalam pernikahan adik Presiden Jokowi dengan Ketua MK. (Wahyu Prakoso/Solopos)

SOLOPOS.COM - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membantah adanya isu politik dalam pernikahan adik Presiden Jokowi dengan Ketua MK. (Wahyu Prakoso/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera selesai. Terkait pernikahan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi dengan Ketua MK, terkadang orang sulit membedakan urusan pribadi dengan urusan negara.

Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat ditanya wartawan mengenai adanya kepentingan politik pada pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman di Solo, Kamis (26/5/2022).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Kepentingan politik apalagi? Pak Jokowi akan segera selesai [jabatannya]. Kemarin memang muncul itu. Orang susah membedakan urusan privat, urusan privasi, urusan pribadi, urusan keluarga dengan urusan negara,” katanya.

Dia mengklaim Anwar merupakan sosok pejabat tinggi negara yang memiliki watak yang baik. Sebagai contoh Anwar saat menjabat Ketua MK tidak bertemu dengan pejabat lain berdua namun minimal bertiga.

“Namun saya tidak pernah bertemu di luar kecuali di Istana Negara. Kalau orang menyebutkan perkawinan politik apanya lagi dengan Jokowi. Pak Jokowi sudah selesai. MK harus dijaga dan sosok Pak Anwar sebagai seorang laki-laki mempersunting perempuan Jawa Solo ini merupakan Rahmat berkah luar biasa. Mari dengan akal yang sehat. Berprasangka yang baik, ” ungkapnya.

Baca Juga: Sah Suami Istri! Ini Mahar Pernikahan Adik Jokowi & Ketua MK

Menurut dia, pernikahan itu merupakan satu kegiatan yang telah diperintahkan agama menjadi sesuatu mulia dan bagian dari ibadah. Anwar sadar tidak ada yang menghalangi jodoh manusia karena merupakan kuasa Allah mempertemukan dua insan manusia.

“Dua kultur yang luar biasa perbedaannya Mbakyu [adik Jokowi] ini orang Solo sangat klasik Jawanya. Ditambah satunya lihat jambangnya seperti saya, dengan muka posturnya itu hlo orang tegas, orang berani, dan pelindung. Saya bukan kenal sehari dua hari sama Pak Anwar. Setelah menjadi ketua MK sekalipun tidak pernah kecuali mondar-mandir di Istana Negara sering ketemu dan sangat akrab,” paparnya.

“Karena itu kami doakan ingin semoga pengalaman antara mbak yu dan pak Prof Anwar menjadi soko guru terpenting dengan rahmat, kasih sayang, waradah dan warahmah. Kemurahan Allah mewarnai kehidupan nya karena berangkat dari pengalaman masing masing usia yang matang,” ujarnya.

Baca Juga: Dua Saksi Pernikahan Adik Jokowi Sudah Tiba Satu Jam Sebelum Akad Nikah

Sebelumnya, ketika rencana pernikahan Anwar Usman dan adik Jokowi merebak, yang menjadi sorotan adalah konflik kepentingan. Anwar disarankan mundur dari jabatannya sebagai Ketua MK untuk menghindari konflik kepentingan.

“Demi cinta kepada MK dan pujaan hati harusnya mundur [dari Ketua MK]. karena potensi konflik kepentingan akan membuat orang berprasangka dengan putusan MK,” kata Direktur Pusat Studi Konstitusi Feri Amsari saat dihubungi, Selasa (22/3/2022).

Dia menjelaskan pernikahan tersebut menimbulkan dampak ketatanegaraan. Bagaimanapun, Ketua MK akan menyidangkan perkara-perkara yang berkaitan dengan presiden dan kepentingan politik kepala negara. Contohnya yang saat ini sedang berlangsung adalah pengujian Undang Undang (UU) Ibu Kota Negara.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).

      Kronologi Pekerja Meninggal di Pabrik Bata di Sragen, Terjepit Konveyor

      Polisi menyebut kematian pekerja di pabrik bata ringan di Kecamatan Sambungmacan, Sragen adalah kecelakaan kerja. Korban yang asal Blitar, Jatim meninggal setelah terjepit konveyor.

      Konser Dream Theater, Gibran Datang saat Lagu The Ministry Of Lost Soul

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka datang ke konser Dream Theater di Manahan, Solo, pada pertengahan lagu kedelapan.

      Akademisi Dukung Revisi Perbup Karanganyar tentang Perangkat Desa

      Kebijakan pengajuan dua nama peserta seleksi calon perangkat desa di Karanganyar harus didasarkan pada skor tertinggi hasil tes dinilai bisa mengeliminasi potensi terjadinya KKN.

      Curhat Penjual Bendera di Klaten, Pembeli Sering Ngawur saat Menawar

      Penjualan bendera dan umbul-umbul di Klaten menjelang HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 dinilai sepi.

      7.000-an Unit Rumah Subsidi akan Dibangun di Boyolali, Wilayah Mana?

      Di Boyolali akan dibangun lebih dari 7.000 rumah bersubsidi. Rumah tersebut akan tersebar di sejumlah kecamatan.

      The Alien Buka Konser Dream Theater Buka Konser di Stadion Manahan Solo

      Dream Theater membuka konser di area parkir Stadion Manahan Solo pada Rabu (10/8/2022) pukul 20.00 WIB dengan lagu berjudul The Alien.