SOLOPOS.COM - Irjen Teddy Minahasa Putra yang kini menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. (Istimewa/polri.go.id)

Solopos.com, SURABAYA — Irjen Nico Afinta secara resmi dicopot jabatannya dari Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Wibowo, Senin (10/10/2022). Kursi Kapolda Jatim kini diisi Irjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatra Barata.

Pencopotan Nico sebagai Kapolda Jatim ini tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) dengan Nomor ST/2134/X/KEP/2022. Nico dicopot dari Kapolda Jatim pascatragedi Kanjuruhan malang yang menewaskan 131 orang dan ratusan orang mengalami luka-luka.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Irjen Teddy Minahasa merupakan perwira tinggi Polri yang lahir di Minahasa, 23 November 1970. Teddy merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1993.

Dilansir dari berbagai sumber, Teddy memimpin Polda Jatim saat tragedi Kanjuruhan sedang ditangani dan Polda Jatim menjadi sorotan publik. Sebelumnya, Teddy menjababat sebagai Kapolda Sumatra Barta sejak 25 Agustus 2021.

Baca Juga: Masih Suasana Duka Tragedi Kanjuruhan, Konser Dewa 19 di Madiun Ditunda

Karier Teddy di kepolisian termasuk mulus. Teddy pada 2008 dipercaya sebagai Kasubditmin Regident Ditlantas Polda Jawa Tengah, dia juga pernah bertugas sebagai Kabidregident Ditlantas Polda Metro Jaya.

Pada tahun 2011, Teddy dipercaya menjabat sebagai Kapolres Malang. Selepas jadi Kapolres Malang, Teddy dimutasi menjadi Kasubbagjiansisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri pada 2013. Pada tahun yang sama, Teddy dimutasi menjadi Kaden C Ropaminal Divpropam Polri.

Selanjutnya, Teddy dipercaya menjadi Ajudan Wakil Presiden Republik Indonesia pada 2014. Pada 2017, ia menjadi Staf Ahli Wapres RI dan pada tahun yang sama menjabat sebagai Karopaminal Divpropam Polri.

Setelah meduduki sederet jabatan itu, Teddy pertama kali menjabat sebagai Kapolda di Provinsi Banten pada 2018. Namun, kariernya sebagai Kapolda Banteng tergolong singkat, karena kurang dari satu tahun. Pada tahun 2018, ia dimutasi menjadi Wakapolda Lampung.

Baca Juga: Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan! Sekelompok Orang Segel Kantor Asprov PSSI DIY

Menjabat sebagai Wakapolda Lampung selama satu tahun, kemudian pada 2019, ia kembali dimutasi untuk menduduki jabatan Sahlijemen Kapolri. Pada 2021, Teddy dimutasi untuk memimpin Polda Sumbar sebagai Kapolda.

Saat menjabat sebagai Kapolda Sumbar, Teddy juga dipercaya untuk menjadi Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) periode 2021-2026.

Pencopotan Irjen Nico Afinta dari Kapolda Jatim dibenarkan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. Dedi menyampaikan ada sejumlah perwira tinggi Polri yang dimutasi, termasuk Nico.

Baca Juga: Kapolri Copot Nico Afianta dari Kapolda Jatim, Diganti Teddy Minahasa Putra

“Ya betul, tour of duty and tour area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” jelas Dedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya