SOLOPOS.COM - Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinto (Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta. Nico kini menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri.

Pencopotan Irjen Nico sebagai Kapolda Jatim ini diduga sebagai buntut tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, yang menyebabkan 131 orang meninggal dan ratusan orang mengalami luka-luka.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Mutasi Irjen Nico itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/2134/X/KEP/2022 yang diterbitkan Senin, tanggal 10 Oktober.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan adanya mutasi sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri tersebut, termasuk Irjen Pol Nico Afinta.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Menpora Nyatakan Takkan Evaluasi PSSI

“Ya betul, tour of duty and tour area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” kata Dedi.

Selain Irjen Nico, Kapolri memutasi empat Pati Polri lainnya, yakni Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dari jabatan Kapolda Sumatera Barat menjadi Kapolda Jawa Timur.

Kemudian, posisi Kapolda Sumatera Barat diisi oleh Irjen Pol Rusdi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Irjen Rusdi Hartono juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri.

Baca Juga: Atlet Bulu Tangkis Indonesia Tabur Bunga di Patung Singa Stadion Kanjuruhan

Kapolri juga memutasi Direktur Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Pol Asep Edi Suheri sebagai Wakil Kabareskrim Polri.

Lalu, memutasi Kombes Pol Adi Vivid Agustiadi yang sebelumnya penugasan sebagai ajudan presiden, diangkat dalam jabatan sebagai Dittipidsiber Bareskrim Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya