SOLOPOS.COM - Suasana di salah satu sudut Kota Roma, Itala, Selasa (10/3/2020) setelah pemerintah melarang warganya keluar rumah akibat wabah virus corona. (Reuters-Remo Casilli)

Solopos.com, SOLO – Peraih nobel di bidang kimia 2013, Michael Levitt, percaya bahwa isolasi atau physical distancing menjadi langkah penting untuk memerangi penyebaran virus corona. Diungkap prediksi, segmen tertentu dari populasi mungkin secara alami kebal terhadap penyakit termasuk serangan virus corona.

Ganjar ke Perantau Jateng: Tidak Ada Gunanya Mudik Kalau Bawa Virus

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Profesor Biologi Universitas Stanford  ini telah dengan tepat memprediksi China bakal melewati krisis wabah virus corona dengan cepat. Ia mengatakan hal tersebut ketika angka kasus Covid-19 di negara tersebut tinggi. Seperti diketahui, wabah virus corona pertama kali menyebar di China pada akhir Desember 2019.

Hingga saat ini, angka kasus di China terus turun. Bahkan, provinsi Hubei yang menjadi tempat pertama penyebaran virus sudah dibuka kembali, setelah sebelumnya diisolasi.

Prediksi Virus Corona

“Kita tahu China berada di bawah karantina yang hampir lengkap, orang-orang hanya meninggalkan rumah untuk berbelanja penting dan menghindari kontak dengan orang lain. Di Wuhan, yang memiliki jumlah kasus infeksi tertinggi di provinsi Hubei, semua orang memiliki peluang terinfeksi, tetapi hanya 3 persen yang tertular,” katanya.

Ilmuwan Inggris Bikin Alat Deteksi Corona, 30 Menit Langsung Ketahuan

Dia mengatakan angka-angka itu menunjukkan bahwa beberapa orang hanya kebal atau sangat resisten terhadap virus.

Pada kesempatan yang sama Michael Levitt memprediksi bahwa pandemi virus corona akan segera berakhir. Ia memperkirakan Covid-19 tidak akan mencapai sampai berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Selain itu, ia mengatakan bahwa virus tidak akan menyebabkan jutaan kematian.

"Yang kita butuhkan adalah mengendalikan kepanikan. Kita akan baik-baik saja," katanya, seperti dilansir dari laman Independent, Jumat (27/3/2020).

Ormas Kita Satu Bikin Posko Corona di Banjarsari Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya