SOLOPOS.COM - Ormas Kita Satu (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Organisasi Masyarakat (Ormas) Kita Satu membuka posko peduli tanggap virus corona atau Covid-19, di Jalan Pelatuk Nomor 31, Manahan, Banjarsari, Solo, Jumat (19/3/Maret 2020). Langkah ini diambil sebagai bentuk kepedulian tanggap bencana sesuai dengan slogan yang digaungkan yakni Satu Aksi Bhakti Negeri.

"Bermula di Kota Surakarta, Ormas Kita Satu menjadi yang pertama tanggap bencana. Yakni dengan merealisasikan pembuatan Posko Peduli Tanggap Covid-19," kata Ketua Umum Kita Satu, D. Budi Utomo, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (27/3/2020).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ada 639 ODP & 6 PDP Corona di Klaten, Ini Sebaran Wilayahnya

Salah satu tujuan didirikannya posko tanggap corona ini, lanjut dia, tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai sarana sosialisasi. Aksi ini sesuai arahan dari pemerintah untuk memulai bersama-sama bekerja dan berkegiatan di rumah dalam menghadapi atau melawan wabah Covid-19.

"Adapun tujuan lain dari didirikannya posko ini juga sebagai bentuk kepedulian Ormas Kita Satu dalam ikut menanggulangi bencana wabah Covid-19. Kami memberikan bantuan selayaknya yang diperuntukan kepada masyarakat Kota Surakarta pada khususnya," ujarnya.

Dalam aksi ini, relawan mengkampanyekan pesan-pesan sosial, seperti halnya bersama-sama memerangi wabah virus corona. Selain itu mengimbau masyarakat untuk tetap berkegiatan di rumah. Kemudian menyerukan agar masyarakat menghindari kerumunan masal.

Gubernur Ganjar: Semua Pemudik Masuk ODP

"Yang tidak kalah pentingnya menjaga jarak aman saat bersamaan dan selalu menjaga kebersihan. Ini beberapa poin pesan yang selalu disampaikan saat tim dari Kita Satu dalam mendistribusikan bantuan," tandas Budi.

Aksi menyalurkan bantuan ini melalui strategi tepat. Teknis pendistribusian pun juga tidak menimbulkan efek keramaian masal. Sehingga tepat sasaran dan selalu mendapatkan apresiasi positif dari semua warga masyarakat Surakarta pada khususnya.

Penyaluran Bantuan

Bentuk bahan bantuan yang disalurkan posko tanggap corona Kita Satu ini cukup beragam. Melihat segmentasi dasarnya, relawan memberikan bantuan sembako, seperti beras, gula, mi instan, hand sanitizer, masker dan lain sebagainya.

Tak Mau Corona Masuk Penjara, Sidang Pun Digelar Secara Online di Sragen

"Mengingat kesiapan ketersediaan stok dari Posko Kita Satu Peduli, hingga Senin 23 Maret 2020, distribusi bantuannya mencapai 2.300 bingkisan. Jumlah ini tentunya akan terus ditambah dengan mengembangkan area distribusi. Termasuk nantinya diperuntukan kepada rumah sakit rujukan penanggulangan virus corona yang berada di Surakarta.," tutur Budi.

"Posko Kita Satu Peduli (Solo) yang sudah berjalan ini merupakan langkah awal yang akan diteruskan oleh Pengurus Wilayah Ormas Kita Satu lainnya. Seperti DPW atau Provinsi Jambi, Lampung, Jakarta, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kupang maupun Provinsi di kota lainnya sesuai dengan kepengurusan Ormas Kita Satu di Indonesia ini," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya