Penyebab Seseorang Lebih Sering Digigit Nyamuk Dibandingkan Orang Lain

Lantas apa penyebab ada beberapa orang lebih sering digigit nyamuk dibandingkan orang lain?

 Ilustrasi digigit nyamuk. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi digigit nyamuk. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketahui lima penyebab seseorang lebih sering digigit nyamuk dibandingkan orang lain. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Digigit serangga ini di malam hari saat tidur pastilah sangat mengganggu. Apalagi jika sampai berbekas dan digaruk yang meninggalkan bekas luka yang sulit hilang. Nyamuk juga pemicu sejumlah penyakit yaitu malaria dan DBD, jadi harus diwaspadai.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Pertama-tama yang harus diketahui bahwa nyamuk tidak menggigit manusia untuk makanan, karena mereka memakan nektar tanaman. Hanya nyamuk betina yang menggigit, dan mereka melakukannya untuk menerima protein dari darah Anda yang dibutuhkan untuk mengembangkan telurnya.

Lantas apa penyebab ada beberapa orang lebih sering digigit nyamuk dibandingkan orang lain? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari Bisnis.com pada Minggu (14/8/2022):

1. Warna pakaian

Dilansir dari CNET, nyamuk adalah pemburu yang sangat visual dalam hal menemukan manusia untuk digigit. Ini berarti gerakan dan warna pakaian gelap seperti hitam, biru tua, dan merah dapat menonjol di mata nyamuk. Penelitian telah menunjukkan bahwa nyamuk lebih tertarik pada warna hitam, tetapi hanya ada sedikit penelitian tambahan tentang mengapa hal ini terjadi.

Baca Juga: Jejak Tanaman Kina, Obat Malaria di Candi Sekar Jinggo Lereng Lawu

2. Karbon dioksida

Nyamuk menggunakan penglihatan dan penciuman untuk menemukan inang untuk digigit. Salah satu cara tercepat nyamuk dapat mengendus seseorang adalah melalui karbon dioksida yang dikeluarkan saat kita bernapas. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses, nyamuk menggunakan organ yang disebut palp rahang atas untuk mendeteksi karbon dioksida dan dapat merasakannya dari jarak 164 kaki.

Baca Juga: 5 Bulan, Demam Berdarah Telan 2 Korban Jiwa di Boyolali

Karena karbon dioksida adalah penarik yang sangat besar, orang yang mengeluarkan lebih banyak – individu yang lebih besar dan orang yang bernapas berat saat berolahraga – lebih menarik bagi nyamuk.

3. Bau badan dan keringat

Penyebab orang lebih sering digigit nyamuk dibandingkan orang lain adalah bau badan dan keringat. Nyamuk tertarik pada lebih banyak zat dan senyawa daripada hanya karbon dioksida. Nyamuk dapat menemukan orang untuk menggigit dengan mencium zat yang ada pada kulit manusia dan keringat, termasuk asam laktat, asam urat dan amonia.

Para peneliti masih mempelajari mengapa bau badan tertentu lebih menarik bagi nyamuk, tetapi mereka tahu bahwa genetika, bakteri pada kulit dan olahraga semuanya berperan. Genetika memengaruhi jumlah asam urat yang dikeluarkan, sementara olahraga meningkatkan penumpukan asam laktat.

4. Golongan darah

Kepercayaan umum adalah bahwa nyamuk tertarik pada golongan darah tertentu, mengingat nyamuk menggigit manusia untuk darahnya. Golongan darah ditentukan oleh genetika, dan setiap golongan darah dibuat berdasarkan kumpulan protein spesifik yang berbeda, yang disebut antigen, pada permukaan sel darah merah. Ada empat golongan darah utama: A, B, AB dan O.

Baca Juga: Waspada! 7 Bulan, 207 Warga Madiun Terjangkit DBD, 2 Orang Meninggal

Meskipun tidak ada kesimpulan pasti tentang golongan darah mana yang lebih menarik bagi nyamuk, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tipe O paling banyak selera nyamuk. Sebuah studi tahun 2019 mengamati perilaku makan nyamuk ketika disajikan dengan sampel golongan darah yang berbeda, dan menemukan nyamuk yang diberi makan dari pengumpan tipe O lebih banyak daripada yang lain.

Sebuah studi tahun 2004 juga menemukan bahwa nyamuk mendarat di sekretor golongan darah O (83,3%) secara signifikan lebih banyak daripada sekretor kelompok A (46,5%). Namun, penelitian ini tidak pasti, dan masih banyak yang belum diketahui tentang preferensi nyamuk dalam hal golongan darah

5. Bir

Dalam sebuah penelitian kecil, nyamuk diamati lebih sering mendarat pada peserta setelah mereka minum sedikit bir. Tetapi sebelum Anda bersumpah untuk tidak minum bir selamanya, ketahuilah bahwa penelitian ini hanya memiliki 14 peserta, dan ditemukan bahwa nyamuk mungkin hanya sedikit lebih tertarik pada orang yang telah minum bir. Ukuran dan tingkat keparahan gigitan berhubungan dengan bagaimana sistem kekebalan tubuh Anda merespons air liur yang dikeluarkan oleh nyamuk saat menggigit.

Baca Juga: DBD Mengganas di Wonogiri, 2 Meninggal dan 76 Terjangkit

Setelah mengetahui penyebab orang lebih sering digigit nyamuk dibandingkan orang lain, ketahui pula bagaimana perawatan untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan berikut ini :

– Bersihkan dengan alkohol gosok jika gigitan segar

– Mandi oatmeal

– Gunakan antihistamin yang dijual bebas seperti Benadryl atau Claritin

– Oleskan krim kortikosteroid ringan

– Gunakan lidah buaya untuk mengurangi peradangan

– Coba kompres dingin

– Meskipun sulit, usahakan sebaik mungkin untuk tidak terlalu gatal pada gigitan untuk mencegah reaksi kulit atau infeksi apa pun.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Penyebab Seseorang Lebih Gampang Digigit Nyamuk Dibandingkan Orang Lain

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      NU Purworejo Sebut Haram, Begini Fatwa Permainan Boneka Capit Menurut MUI

      Jika NU Purworejo mengharamkan permainan boneka capit, bagaimana menurut fatwa yang dikeluarkan MUI terkait hukum permainan tersebut?

      Kekayaan Konglomerat Wanita Terkaya di Indonesia Rp22,6 Triliun

      Siapa konglomerat wanita terkaya di Indonesia? Berikut ini adalah konglomerat wanita di Indonesia yang dua-duanya masuk dalam daftar wanita terkaya menurut Forbes tahun 2021.

      Doa Bercocok Tanam Menurut Islam Supaya Tumbuh Subur

      Berikut ini terdapat doa ketika bercocok tanam agar tumbuh subur menurut Islam yang dijelaskan oleh Nahdlatul Ulama atau NU online.

      Pakai Baju Bekas Biar Gaul

      Pemakaian baju bekas impor alias thrifting menjadi tren fesyen anak muda masa kini.

      Keistimewaan Angka 19 dalam Al-Qur’an yang Penuh Misteri

      Terdapat keistimewaan angka 19 dalam kitab suci umat Islam Al-Qur'an yang penuh misteri dan tak pernah disadari oleh umat muslim.

      Viral Jenazah di Kediri Digotong oleh Perangkat Desa, Ternyata Ini Alasannya

      Beredar video viral jenazah di Kediri, Jawa Timur, yang digotong oleh perangkat desa. Ternyata ini alasan sebenarnya yang terjadi.

      Terjadi di Colomadu Karanganyar, Ini Penyebab Hujan Es Menurut Ahli

      Terjadi di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah pada Jumat (23/9/2022), ini dia penyebab hujan es menurut ahli dari ITS Surabaya.

      Psikolog: Stres Dapat Sebabkan Anak Kena Gangguan Makan

      Stres bisa menjadi salah satu penyebab anak-anak termasuk usia sekolah mengalami gangguan makan.

      Mimpi Membagikan Uang Memiliki Banyak Arti Positif

      Berikut ini sejumlah arti mimpi membagikan uang.

      Kerap Tidak Disadari, Kenali Gejala Umum Kanker Payudara

      Ada beberapa faktor risiko yang memicu perempuan rentan sakit kanker payudara sehingga mengenali gejala sejak awal menjadi penting.

      Usia Pasien Serangan Jantung Indonesia Lebih Muda Dibandingkan Eropa

      Usia pasien serangan jantung di Indonesia jauh lebih muda dibandingkan usia pasien di Eropa, AS, dan Jepang.

      Hitung-Hitungan Biaya Lebih Irit Kompor Listrik atau Gas

      Jika memakai biaya sendiri, lebih irit kompor listrik atau gas ya?

      Marie Bonaparte, Perempuan Pertama Peneliti Orgasme Wanita

      Penelitian Marie membuka jalan untuk eksplorasi lebih lanjut tentang orgasme wanita.

      Punya Arti Baik, Berbahagialah Jika Mimpi Berada di Istana

      Berikut ini sejumlah arti mimpi berada di istana.

      Pakar Ungkap Pentingnya Orgasme pada Wanita

      Dokter spesialis kandungan dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS mengungkapkan pentingnya pria membuat wanita (pasangannya) orgasme saat berhubungan intim.