SOLOPOS.COM - ilustrasi sunscreen pada anak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Produk sunscreen untuk melindungi paparan sinar ultra violet (UV) berlebih pada kulit bisa diterapkan sejak dini. Bahkan dengan penggunaan sunscreen sejak usia anak-anak, menjadi salah satu tips bagi seseorang untuk terhindar dari penuaan dini.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Ariefah, Sp.KK., dalam Health Talk RS JIH Solo, mengatakan sunscreen bukan lagi produk yang hanya ditujukan untuk orang dewasa. Sebab saat ini sudah ada produk sunscreen yang ditujukan untuk anak di atas enam bulan. Kemudian pada anak usia di atas 10 tahun sudah bisa menggunakan secara rutin.

Dia mengatakan penggunaan sunscreen sangat penting untuk menghindari sinar UV berlebihan. Bahkan penggunaan sunscreen secara rutin sejak dini juga menjadi salah satu tips penting untuk menghindari penuaan dini.

Berikut ini beberapa tips untuk menghindari penuaan dini khususnya pada kulit atau skin aging.

  1. Membiasakan dini menggunakan sunscreen sejak usia dini, yakni mulai usia sekitar 10 tahun.

“Suncreen sudah tersedia untuk usia 10 tahun. Jadi sedini itulah kita bisa aplikasikan. Sederhana saja, saat usia 10 tahun sudah pakai suncreen sebelum berangkat sekolah, kemudian nanti pulang sekolah membersihkan wajah,” kata dia.

  1. Jika timbul acne atau jerawat, tangani dengan benar jangan sampai menimbulkan bekas.

Saat memasuki masa pubertas seorang anak atau remaja biasanya akan muncul fluktuasi hormonal. Dalam kondisi tersebut biasanya akan muncul masalah sedikit-sedikit pada kulit seperti acne. Menurutnya hal itu tidak perlu dikhawatirkan karena umum terjadi. Namun acne tersebut harus tetap ditangani dengan baik.

Untuk mengatasi acne tersebut, dapat dilakukan pengobatan. Kemudian untuk perwatan kulit, bisa tetap menggunakan sunscreen dan pembersih wajah, namun khusus untuk tipe acne.

Dr. Ariefah menjelaskan secara langsung tidak ada kaitannya antara acne dan penuaan dini. Namun hal yang kadang ditakutkan dari acne adalah jika kondisinya tidak terkendali, sehingga akan menjadi banyak dan membesar. Sedangkan hal yang tidak bisa dicegah dari acne adalah bekasnya. Ketika bekas yang ditimbulkan dari acne tersebut hanya sebatas bercak atau beda warna pada kulit, itu masih bisa disiasati.

“Tapi yang paling sedih kalau bekasnya itu bolong-bolong atau membuat permukaan kulit jadi bergelombang. Sementara permukaan kulit yang bergelombang itu juga salah satu tanda dari skin aging. Jadi itu terjadi, artinya kita sudah mengalami penuaan di usia yang sangat dini,” kata dia.

Untuk itulah kenapa acne penting untuk segera ditangani guna mencegah penuaan dini.

  1. Gunakan pelembap kulit, pembersih kulit, anti-aging yang sesuai dengan tipe kulit.

Selain sunscreen, setelah memasuki usia dewasa atau saat sudah kuliah sekitar usia 20 tahun, bisa mulai gunakan pelembab, anti-aging dan sebagainya. Jika penggunaan krim kulit dirasa berat, maka bisa gunakan produk lain yang lebih ringan seperti serum.

Namun yang perlu diingat adalah segala yang digunakan tersebut harus disesuaikan dengan jenis kukitnya. Untuk itu tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi ke dokter sebelum menggunakan produk-produk perawatan kulit tersebut. Dengan begitu penggunaan produk-produk perawatan kulit tersebut dapat dilakukan secara tepat.

Rekomendasi
Berita Lainnya