SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang beribadah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Sebagian besar manusia pasti ingin setiap doanya selalu terkabul. Tak sedikit manusia yang getol berdoa dan memohon agar keingnannya dikabulkan Tuhan.

Dalam Islam, ada cara khusus agar keinginan dalam doa dikabulkan. Jabir bin Abdillah RA meriwayatkan Rasulullah SAW berdoa tiga kali di Masjid Al Fath, yakni Senin, Selasa dan Rabu.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Pada Rabu, Nabi MUhammad berdoa di antara dua salat, yakni salat zuhur dan salat asar. Dari kegembiraan di wajah beliau, diyakini bahwa doanya dikabulkan. Doa di hari Rabu diyakini dikabulkan oleh Allah.

"Setiap terjadi sesuatu yang penting atau sulit, kuintailah waktu seperti Rasulullah itu, aku pun berdoa di situ doaku selalu dikabulkan Allah," begitu kata Jabir seperti dikutip Detik.com dari buku berjudul Tapak sejarah seputar Mekah-Madinah karya Muslim H. Nasution.

Sementara itu, berdasarkan keterangan di laman resmi Nahdlatul Ulama, Nu.or.id, para kiai di pesantren biasa memulai kegiatan belajar mengajar pada Rabu. Ada alasan di balik pemilihan hari Rabu.

Seorang pakar hadits dari Suriah dalam kitab Kasyf al-Khafa mengatakan para guru di sana memulai majelis di hari Rabu untuk mengajar sebab ilmu adalah cahaya, maka kajian ilmu dimulai di hari diciptakannya cahaya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Muslim dan Ahmad yang dikutip dari buku berjudul Pintar Hadits tulisan Syamsul Rijal Hamid, Allah SWT menciptakan cahaya pada Rabu. Itulah salah satu keistimewaan Hari Rabu dalam Islam.

Imam As-Sakhawi (1427-1497 M), penyusun kitab Al Maqashidul Hasanah juga menjelaskan keistimewaan hari Rabu. "Saya dengar dari sebagian ulama saleh yang kami temui, ia berkata 'Hari Rabu mengadu kepada Allah tentang anggapan sial orang-orang terhadapnya, maka Allah menganugerahkan bahwa apa pun yang dimulai di hari Rabu, maka pasti akan sempurna'," tulis As-Sakhawi dalam Al-Maqashid Hasanah, juz I, halaman 575 seperti dikutip Nu.or.id.

Selain doa hari Rabu, umat Islam juga bisa membaca istighfar. Setiap istighfar pada Rabu akan menghapuskan satu titik hitam di dalam hati. Itulah doa hari Rabu dan zikirnya. Semoga doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Lihat Kumpulan Doa Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya