Ilustrasi orang berdoa. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Kebanyakan manusia ingin upayanya mencari rezeki setiap hari dilancarkan oleh Tuhan. Tak sedikit pula yang ingin agar rezekinya selalu bertambah setiap hari.

Pembagian rezeki memang sudah menjadi urusan dan rahasia Tuhan. Namun demikian, tak salah jika manusia berharap, berdoa, dan berusaha mencari rezeki sebanyak-banyaknya demi kelancaran hidup dan bisa banyak bersedekah.

Dikutip dari laman milik Nahdlatul Ulama (NU), Nu.or.id, Jumat (18/10/2019), K.H. Abdul Ghofur menyebut zikir sebelum melaksanakan salat subuh sebanyak seratus kali juga bisa mendatangkan keberuntungan. Bunyinya, Subhanallahi wabihamdihi, Subhanallahil 'adzim, Astaghfirullah.

Bukan hanya berzikir, beberapa amalan pagi hari yang bisa membuka rezeki adalah dengan membaca Alquran, bersedekah, dan juga melakukan salat duha. Sebagaimana diriwayatkan Muslim, Aisyah Radhiallahu'anha berkata;

"Rasulullah Shallallahualaihi Wa Sallam salat duha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya."

Perlukah Wanita Pakai Bra? Ini Kata Ahli

Dikutip Detik.com dari buku berjudul Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki oleh K.H. Sulaeman bin Muhammad Bahri, doa pembuka rezeki dan kekayaan berbunyi seperti berikut;

Allahumma ya ghaniyyu yaa mughnii aghninii ghinan abadan wa yaa 'aziizu yaa mu'izzu a'izzanii bi i'zaazi 'izzati qudratika wa yaa muyassiral umuuri yassirlii umuuraddunyaa wad diini yaa khaira man yurjaa yaa allaahu.

Artinya: Ya Allah, Zat yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan kepadaku yang abadi. Wahai Zat yang Maha Mulia yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Zat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Zat yang paling baik, ya Allah.

Ini Daftar UMK 2019 Di 35 Kabupaten/Kota Di Jateng...

Doa pembuka rezeki itu sebaiknya dibaca setelah salat fardu, salat hajat, dan salah sunah tahajud sebanyak tiga kali. Selanjutnya, doa agar dicukupkan rezekinya berbunyi seperti berikut;

Hasbiyallahu laailaahailla hua'alaihi tawakkaltu wahuwa robbul'arsyil azhiimi.

Artinya: "Allah telah mencukupkan padaku, tiada Tuhan melainkan Engkau dan pada-Mu aku berserah diri, Engkau Tuhan yang menguasai arasy yang besar."

Manfaatnya Besar! Ini Doa Sebelum, Saat, & Usai Berhubungan Intim

Doa pembuka rezeki dari segala penjuru ini sebaiknya dibaca tiga kali setiap pagi setelah salat subuh. Dikutip dalam buku berjudul Doa Mengundang Rezeki: Sukses dalam Hidup, Berkah dalam Usaha oleh Islah Gusmian adalah:

Allahumma shallii'ala sayyidina Muhammadin, shalatan tunjina biha min jami'il-ahwali wal-afati, wa taqdhi lana biha min jami'il-hajati, wa tuthahhiruna biha min jami'is-sayyi'ati wa tarfa'una biha a'lad-darajati, wa tuballighuna biha aqshal-ghayati min jami'il-khairati fil-hayati wa ba'dal-mamati. Wa shallallahu 'ala khairi khalqihi sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallama.

Artinya: Ya Allah, berselawatlah kepada penghulu kami, Muhammad, selawat yang menyelamatkan kami dari segala huru-hara dan kesusahan, dan selawat yang dengannya ditunaikan segala hajat, dibersihkan kami dari segala dosa dan kesalahan, meninggikan kami ke derajat yang paling tinggi, dan menyampaikan kami pada puncak tujuan yang berupa kebaikan, ketika di dunia maupun setelah mati. Selawat dan salam semoga tetap tercurah pada sebaik-baik makhluk-Mu, Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Nah, itulah beberapa doa melancarkan rezeki menurut beberapa ulama Islam. Yuk, baca doa itu dan jangan meninggalkan ibadah wajib sembari berharap rezeki bertambah setiap hari!

Lihat Kumpulan Doa Lainnya

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten