SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang bangun tidur. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Ketika bangun tidur, kebanyakan orang akan bermalas-malasan terlebih dahulu atau langsung menuju kamar mandi untuk buang air kecil atau cuci muka. Namun, tak sedikit orang yang lupa membaca doa setelah bangun tidur.

Dalam Islam, ada doa yang dianjurkan dibaca setelah bangung tidur. Dikutip dari Detik.com, Jumat (18/10/2019), ada doa bangun tidur yang dianjurkan sesuai hadist riwayat Bukhari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Doa tersebut bermakna agar manusia senantiasa bersyukur kepada Sang Pencipta. Pasalnya, hidup dan mati hanyalah milik Allah SWT.

Berikut doa bangun tidur berdasarkan hadist riwayat Bukhari:

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur.

Artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.

Perlukah Wanita Pakai Bra? Ini Kata Ahli

Selain berdoa, umat Islam juga dianjurkan berzikir setelah terbangun dari pulasnya tidur. Inilah zikir pagi berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi;

Alhamdullillahilladzii 'aafaanii fii jasadii, wa rodda alayya ruuhii, wa adzina lii bi dzikri.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.

Lihat Kumpulan Doa Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya