Pendaftaran Bantuan Modal UKM Tahap 8 Dibuka Hanya 3 Hari, Catat Tanggalnya!
Sejumlah pelaku usaha mikro dan ultra mikro di Kabupaten Karanganyar mengumpulkan berkas persyaratan BPUM tahap tujuh di Kantor Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar pada Rabu (21/10/2020). (Espos/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pendaftaran tahap tujuh program bantuan modal bagi pelaku usaha mikro dan ultra mikro di Kabupaten Karanganyar ditutup Kamis (22/10/2020). Sebanyak 13.303 pelaku usaha mikro dan ultra mikro dinyatakan lolos verifikasi tingkat kabupaten.

Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Karanganyar akan membuka kembali pendaftaran tahap delapan pada Minggu hingga Selasa (25-27/10/2020). Program bantuan yang dikenal dengan bantuan produktif usaha mikro (BPUM).

Pendaftaran yang dimaksud adalah pendaftaran secara online melalui link https://bit.ly/pendataanukmkaranganyar. Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar akan membuka akses link mulai Minggu pukul 13.00 WIB. Rencana pendaftaran ditutup Selasa (27/10/2020) pukul 14.00 WIB.

Awas...Satgas Covid-19 Karanganyar Bakal Gelar Razia Tempat Wisata

Jumlah pendaftar pada tahap tujuh meningkat hampir tiga kali lipat apabila dibandingkan dengan pendaftar tahap enam. Data yang dihimpun Solopos.com dari Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar, jumlah pendaftar program bantuan modal tahap enam sebanyak 5.962 pelaku usaha. Pendaftar tahap tujuh sebanyak 13.303 pelaku usaha. Jumlah total pendaftar dari tahap satu hingga tujuh adalah 48.037 pelaku usaha.

Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UKM Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar, Adolfus Joce Bau, menuturkan pendaftaran pada tahap tujuh berjalan lancar. Rata-rata pendaftar sudah bisa mengakses formulir secara online melalui link tersebut. Setelah itu pendaftar mengumpulkan berkas ke kantor Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar.

"Ada juga ibu-ibu datang ke kantor mengatakan tidak bisa mengakses internet. Anaknya jauh dari rumah. Kami menduga handphone-nya tidak memiliki kuota Internet. Ya kami bantu mengisi. Silakan yang betul-betul kesulitan, tidak ada tetangga atau kerabat mau membantu mengisi formulir secara online kami bantu," kata Oce, sapaan akrabnya, Jumat (23/10/2020).

Serikat Buruh Karanganyar Minta UMK 2021 Naik 3%

Pengumpulan Berkas Kolektif

Oce juga mengingatkan masyarakat agar tidak perlu datang sendiri-sendiri ke kantor Disdagnakerkop dan UKM untuk mengumpulkan berkas persyaratan. Mereka bisa mengumpulkannya secara kolektif. "Silakan dititipkan ke orang terdekat supaya tidak ada antrean di sini. Supaya tidak berbondong-bondong ke kantor. Satu orang bisa bisa membawa 50 berkas atau lebih. Kami layani," tutur dia.

Sementara itu, pendaftaran tahap delapan akan dibuka mulai Minggu hingga Selasa. Berbeda dengan pekan lalu pendaftaran dibuka hingga Kamis. Oce menyampaikan pekan depan aparatur sipil negara (ASN) mendapat cuti bersama dan libur hari besar nasional mulai Rabu (28/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020).

"Tahap delapan itu hari Minggu link dibuka sampai Selasa. Rabu cuti bersama lalu libur sampai Minggu. Jadi, kami hanya membuka link selama tiga hari pada tahap delapan ini. Link pada Selasa kami tutup pukul 14.00 WIB. Pengumpulan berkas di kantor, kami layani pada hari dan jam kerja mulai Senin hingga Selasa."



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom