Penataan Kawasan Kumuh, PLN Membongkar Meteran
Petugas PLN mengumpulkan meteran yang telah dibongkar di RT 003/RW 003, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jumat (22/1/2021). (Istimewa-Sarjoko)

Solopos.com, SOLO -- Puluhan petugas PLN membongkar sebagian besar meteran hunian di Eks HP.16 Semanggi atau HP. 00001 Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jumat(22/1/2021).

Ketua Pokja Penataan Eks HP. No.16, Sarjoko, menjelaskan petugas PLN membongkar meteran listrik mulai pukul 09.00 WIB. Dalam kesempatan itu, petugas PLN bersama anggota Pokja berhasil melepas meteran sebanyak 90 persen dari seluruh hunian di atas Eks HP.16 Semanggi.

“Masih ada belasan rumah yang belum dibongkar karena masih ada penghuni. Sehingga petugas PLN rencananya membongkar meteran lagi Selasa atau Rabu depan,” kata dia kepada Solopos.com.

Gibran Segera Dilantik Jadi Wali Kota Solo, Ini Pesan Eks Rival Bagyo Wahyono

Dia mengatakan, aktivitas warga melakukan pindahan rumah dan membongkar material rumah terlihat pagi kemarin. Kemudian warga di Eks HP.16 Semaanggi atau HP.00001, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, harus mengosongkan hunian akhir Januari.

Menurut Sarjoko, warga sudah mengumpulkan berkas untuk pencairan bantuan sewa Rp5 juta untuk per rumah. Kemudian pencairan bantuan sewa tersebut akan ditransfer ke rekening perwakilan keluarga.

Muatan Truk Tronton Berceceran Saat Kecelakaan di Karanganyar, Video Penjarahan Minuman Isotonik Viral di Medsos

“Mayoritas masyarakat sebenarnya diuntungkan dengan program ini. Justru kami mendukung dan menyadari pencairan ada prosedurnya,” paparnya.

Dia mengatakan, sebelumnya Pokja mendampingi petugas bank yang berkunjung ke setiap rumah untuk memproses pembukaan rekening. Pengambilan buku tabungan dilakukan bertahap untuk menghindari kerumunan saat pandemi Covid-19.

Wah..Disdukcapil Karanganyar Punya Program untuk ABG, Namanya Sweet Seventeen

Sambungan Listrik

Sebagai informasi, Pemkot Solo memulai program penataan kawasan kumuh pekan lalu yang ditandai dengan membongkar Taman Kenteng. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman,dan Pertanahan, Taufan Basuki Supardi, mengatakan masih terkendala sambungan listrik.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mulai meratakan bangunan pada lahan eks HP 16 Semanggi atau HP 00001 Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (17/1/2021).

Warga yang masih menempati lahan itu diberi waktu hingga akhir Januari untuk pindah ke rumah sementara. Berdasarkan pantauan Solopos.com, petugas mengoperasikan dua ekskavator untuk membongkar Taman Kenteng pada lahan eks HP 16.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom