Wah..Disdukcapil Karanganyar Punya Program untuk ABG, Namanya Sweet Seventeen
Ilustrasi siswa SMA (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar menerapkan program Sweet Seventeen untuk mempermudah anak mendapatkan KTP. Dengan program ini, saat anak sudah memasuki usia 17 tahun mereka tidak perlu melakukan rekam data dan tinggal mengambil KTP yang sudah dibuat.

Kepala Disdukcapil Karanganyar, Any Indrihastuti, mengatakan pihaknya sudah mengundang 1.363 anak kelahiran 2004 untuk rekam data dan foto KTP. Perekaman data dilakukan di Kantor Disdukcapil Karanganyar ataupun Kantor Kecamatan masing-masing wilayah. Sosialisasi dilakukan melalui instagram dan website Disdukcapil Karanganyar.

Laka Truk Tabrak Motor Karangpandan Terekam CCTV, Benturan Keras Bikin Truk Terguling?

“Untuk saat ini kami juga gencar melaksanakan program Sweet Seventeen. Kami menyasar anak kelahiran 2004 untuk merekam data karena mereka sudah berusia 16 tahun. Jadi nanti saat mereka usianya sudah 17 tahun, mereka tidak perlu antre rekam data lagi. Tinggal meminta cetak ke kami dan langsung kami cetakkan. Untuk anak kelahiran 2005 dan seterusnya kalau mau rekam data juga tidak apa-apa, tapi dapat KTP-nya ya pas sudah 17 tahun juga nanti,” beber dia ketika ditemui Solopos di ruangannya, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya program tersebut disambut baik oleh masyarakat berkaca dari jumlah ribuan data yang sudah direkam. Setiap penghitungan per tiga hari sekitar 200 anak melakukan rekam data untuk program Sweet Seventeen. Nantinya distribusi KTP dapat dilakukan dengan cara mengambil langsung atau menggunakan jasa layanan PT Pos Indonesia.

Karyawati Minimarket Colomadu Diduga Diserang, Ada Ceceran Darah Di Area Kasir

“Kami kan tidak boleh ada penundaan pencetakan KTP. Harus nol persen. Jadi kami gunakan cara ini untuk mendata mereka dulu. Jadi tidak ada antrean pencetakan KTP karena proses yang lama. Mereka sudah 17 tahun KTP sudah siap dicetak,” imbuh dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom