Penambahan Kasus Covid-19 di Wonogiri Pecah Rekor, 48 Ibu Hamil Terpapar
Kehamilan di tengah pandemi virus corona Covid-19. (Istimewa/Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI - Penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri memecahkan rekor dengan tambahan sebanyak 207 orang dalam sehari pada Senin (18/1/2021). Terdapat 48 ibu hamil di Wonogiri yang terpapar Covid-19.

"Ini rekor selama pandemi Covid-19. Dalam satu hari terdapat penambahan 207 kasus," kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (19/1/2021) malam WIB.

Sempat Mandek Diterpa Pandemi, Usaha Anyaman Kulit di Jogonalan Klaten Bangkit Lagi

Jekek, sapaan akrab Joko Sutopo, menjabarkan penambahan tersebut. Sebanyak 107 orang berasal dari klaster perjalanan, 48 orang dari ibu hamil, 17 orang dari tenaga medis, 19 orang dari klaster karyawan pabrik dan 49 orang masyarakat umum yang mempunyai penyakit komorbid.

Terkait banyaknya ibu hamil di Wonogiri yang terkonfirmasi positif Covid-19, Jekek menjelaskan hal itu karena ada beberapa prosedur medis yang harus dilalui sebelum melakukan persalinan. Saat dilakukan tes atau deteksi, hasilnya menunjukkan ada 48 ibu hamil yang terpapar.

"Sebagain besar orang yang terpapar berstatus sebagai orang tanpa gejala. Yang kami prioritaskan dirawat di rumah sakit yang mempunyai penyakit komorbid," ungkap dia.

Klaster Pabrik

Terkait klaster di salah satu pabrik di Wonogiri, kata Jekek, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak manajemen perusahaan. Segela prosedur protokol kesehatan harus segera dilakukan.

"Karyawan yang terpapar sudah kami anjurkan untuk diliburkan dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Kami belum menganjurkan untuk menutup sementara perusahaan. Upaya tracing masih kami lakukan. Namun yang jelas prosedur penanganan di pabrik itu harus sesuai SOP," ujar dia.

Pengalaman Kelam Erupsi Merapi 2006 Bikin Warga Klaten Tetap Bertahan di Pengungsian

Sementara itu, Jekek belum bisa memberikan informasi secara spesifik di bangsal apa yang menjadi klaster tenaga kesehatan di RSUD Wonogiri. "Secara detail belum bisa kami sampaikan, nanti kami beri informasi lebih lanjut," kata dia.

Adanya penambahan sebanyak 207 kasus baru itu membuat jumlah kasus positif Covid-19 di Wonogiri menembus 2.192 kasus, dengan kasus aktif sebanyak 398 orang. Perinciannya 275 orang dirawat di rumah sakit dan 123 orang menjalani isolasi mandiri.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom