SOLOPOS.COM - Ilustrasi mal (Murianews-Anggara Jiwandhana)

Solopos.com, BEKASI — Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi meluruskan soal kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kota Bekasi pada Selasa (26/5/2020) siang. Jokowi berencana mengecek persiapan new normal di Bekasi.

“Meninjau Kota Bekasi dalam rangka persiapan penerapan prosedur new normal setelah PSBB [pembatasan sosial berskala besar] di sarana publik,” ujar Kepala Bagian atau Kabag Humas Pemkot Bekasi, Sayekti Rubiah, ketika dihubungi Detikcom, Selasa (26/5/2020).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Mal adalah bagian sarana publik. Diberitakan sebelumnya, Kasubbag Publikasi Eksternal Humas Setda Kota Bekasi, Indah Indri Hadsari, menuturkan Jokowi akan mengunjungi Mal Summarecon Bekasi pada Selasa sekitar pukul 13.00 WIB.

Wawancara Deddy Corbuzier dan Siti Fadilah Digelar Tengah Malam dengan Kamar Dikunci

“Iya jam 1 [13.00 WIB],” ujar Kasubbag Publikasi Eksternal Humas Setda Kota Bekasi, Indah Indri Hadsari, ketika dihubungi Detikcom, Selasa.

Indah menambahkan kunjungan itu terkait dimulainya roda perekonomian di kota itu. “Dalam rangka opening roda perekonomian, dalam rangka pembukaan mal-mal,” tutur dia.

Namun, penjelasan itu diklarifikasi Sayekti. Dia menjelaskan Kota Bekasi menjadi wilayah percontohan penerapan new normal.

Pendisiplinan Era New Normal, TNI Terjunkan 340.000 Personel, Dolan Mal pun Diawasi

Untuk itu, Jokowi akan mengecek perkembangan ekonomi di Kota Bekasi sebagai persiapan penerapan new normal. “Jadi gini, [Presiden Jokowi] mengevaluasi kegiatan ekonomi saat pelaksanaan PSBB seperti apa,” tutur dia.

Mal Buka Setelah Evaluasi PSBB

Sayekti menyanggah kunjungan Jokowi terkait pembukaan mal-mal di Bekasi. Mal di Bekasi akan dibuka seusai hasil evaluasi PSBB.

“Kemungkinan mal itu bisa dibuka hasil dari pemantau evaluasi dari PSBB tersebut,” imbuh dia.

Begini Kronologi Damkar Solo Kena Prank Telepon Kebakaran Palsu di Jl Slamet Riyadi

Sementara itu, dalam penjelasan sebelumnya penyataan Indah soal percontohan new normal sejalan dengan Sayekti.

Indah menyebut mal-mal di Kota Bekasi akan resmi dibuka mulai Selasa. Namun, pengunjung dan pengelola mal tetap menerapkan standar protokol pencegahan Covid-19.

Selamat Datang Era New Normal, Jokowi Cek MRT Jakarta dan akan Buka Mal di Bekasi

“Cuma [pembukaan mal di Bekasi] tetap menggunakan standar protokol Covid,” kata Indah.

Dia menyebut Kota Bekasi akan menjadi percontohan dimulainya roda perekonomian di tengah pandemi virus corona. “Iya Kota Bekasi jadi percontohan seluruh kota/kabupaten se-Indonesia,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya