SOLOPOS.COM - Petugas membongkar salah satu makam di Bong Mojo, Jebres, Solo, Rabu (23/10/2019). (Istimewa/Disperum KPP)

Solopos.com, SOLO -- Pembongkaran permakaman bong Mojo, Jebres, Solo, Rabu (23/10/2019) dilangsungkan dengan memindah makam-makam di sisi timur.

Salah satu makam ketika dibongkar bikin merinding warga yang menyaksikannya. Lantaran di dalam makam itu terdapat jenazah mengenakan baju pengantin dan mendekap boneka mirip Barbie yang juga mengenakan pakaian pengantin.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Tentu saja hal ini membuat ahli waris yang sudah berusia uzur dan warga sekitar yang menyaksikan pembongkaran itu merinding. Mereka teringat kenangan akan mendiang yang selama hidupnya kemana-mana kerap membawa boneka.

Kasi Permakaman Umum Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Solo, Sawaras Budi Kusumo, yang mengawasi pembongkaran sempat menirukan komentar para ahli waris saat makam wanita berbaju pengantin itu dibongkar.

Catat! Ini Doa Pembuka Rezeki Setiap Hari

"Semasa hidupnya tacike [sebutan untuk perempuan dalam bahasa Tionghoa] sering bawa boneka ke mana-mana." Begitu komentar para ahli waris seperti ditirukan Sawaras.

Terungkap! Alasan Jokowi Pilih Nadiem Makarim Jadi Mendikbud

“Jadi saat pengangkatan itu orang yang sudah tua itu pada merinding. Bukan karena takut, tapi karena mereka langsung ingat benda dan pakaian yang digunakan. Mereka bilang 'eh itu kan boneka yang sering dibawa tacike pas masih hidup.' Dia sering bawa itu dulu,” jelas Sawaras mengulang perkataan para ahli ahli waris yang menyaksikan.

Tulang Belulang

Busana pengantin yang digunakan membungkus tulang belulang jenazah masih utuh meskipun kotor. Pada kain yang diangkat tersebut terdapat corak-corak busana pakaian khas pengantin dengan pernak-perniknya

“Jadi itu kan kelihatan coraknya walaupun samar karena kotor. Tidak hanya bonekanya, jenazahnya juga mengenakan pakaian pengantin,” papar dia.

Lucu & Menohok! Adian Napitupulu Komentari Prabowo Subianto Jabat Menhan

Sawaras mengatakan pada hari pertama penggalian makam hanya ada satu makam yang terdapat barang berharga di dalamnya.

Benda tersebut berupa boneka ciri perempuan mengenakan pakaian khas pengantin. “Kemarin laporan benda berharga seperti perhiasan itu belum ada. Semuanya hanya jenazah yang kami angkat. Kecuali ada satu makam saya tidak tahu namanya, tetapi berjenis kelamin perempuan," jelas dia kepada Solopos.com, Kamis (24/10/2019).

Kuota Lowongan CPNS Sragen 2 Kali Lipat Dari Usulan, Kok Bisa?

Di dalam makam itu ada boneka seperti barbie. Bonekanya mengenakan busana pengantin. "Kami tidak menyimpan atau memisahkannya [dari jenazah], tetapi tetap kami masukkan ke dalam peti lagi untuk ikut direlokasi,” imbuh Sawaras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya