Ilustrasi seleksi CPNS. (Solopos-Dok.)

Solopos.com, SRAGEN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mendapat kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari Kementerian PAN dan RB sebanyak 627 lowongan.

Kuota itu dua kali lipat lebih dibanding usulan Pemkab Sragen. Pemkab mengusulkan 300 lowongan CPNS dan 711 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sragen, Sutrisna, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu (23/10/2019), mengaku mendapat informasi soal kuota penerimaan CPNS tersebut pada Kamis (17/10/2019) malam lalu.

Dia sempat kaget karena usulan PPPK tidak dikabulkan tetapi untuk CPNS dari usulan 300 lowongan malah diberi 627 lowongan.

Instagram Bikin Fitur Rekomendasi Unfollow

“Ratusan lowongan itu meliputi formasi tenaga pendidikan atau guru sebanyak 368 lowongan, tenaga kesehatan 177 lowongan, dan tenaga teknis lain 82 lowongan," jelas dia.

Dia belum mengetahui detailnya untuk formasi guru itu untuk guru apa.

Lucu & Menohok! Adian Napitupulu Komentari Prabowo Subianto Jabat Menhan

Namun jika melihat kebutuhan ada guru SD, guru agama, dan seterusnya. Demikian pula untuk tenaga kesehatan juga belum diketahui detailnya.

Sutrisna menjelaskan tindak lanjut kuota CPNS itu masih menunggu petunjuk teknis dari Kemenpan RB. Dia memprediksi turunnya juknis masih menunggu kebijakan Menpan RB yang baru dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu siang.

Wali Kota Surabaya Risma Tolak Tawaran Jadi Menteri, Bukan Cuma Sekali

“Ya, nanti kebijakan selanjutnya seperti apa. Gambarannya tidak jauh dari penerimaan CPNS sebelumnya. Artinya, formasi sudah spesifik menunjuk pada kebutuhan instansi yang ada,” ujar Sutrisna.

Mantan Kabag Kesra Setda Sragen itu menjelaskan formasi CPNS tersebut untuk umum dan belum ada formasi untuk honorer.

Susi Pudjiastuti Tersingkir dari Kabinet Jokowi-Maruf, Inikah Penyebabnya?

Dia mengatakan bagi pegawai honorer bisa bersaing secara terbuka dalam penerimaan CPNS jalur umum tersebut.

“Jadi kapan pengumumannya, persyaratannya apa saja, semua masih menunggu juknis dari pusat," ujarnya.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten