Pelaku Pembakaran Truk Satpol PP Sukoharjo Ditangkap Polisi, 1 Buruh 1 Pelajar
Situasi saat satu unit truk Satpol PP Sukoharjo dibakar massa pengunjuk rasa di Bundaran Kartasura, Kamis (8/10/2020). (Solopos/Burhan Aris N)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Dua orang diduga pelaku pembakaran truk milik Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Sukoharjo ditangkap polisi. Kedua pelaku masing-masing seorang buruh dan satu pelajar kini tengah dalam tahap penyidikan polisi.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo mengungkapkan informasi penangkapan dua orang diduga pelaku pembakaran truk milik Satpol PP diterima dari aparat kepolisian.

"Alhamdulillah sudah ada perkembangan untuk kasus pembakaran truk satpol PP. Dua orang diduga pelaku sudah diamankan polisi, satu orang karyawan dan satu pelajar," kata Heru ketika berbincang dengan wartawan di Gedung DPRD Sukoharjo, Jumat (16/10/2020).

Pilkada Wonogiri: 520 APK Tak Resmi Bergambar Paslon Dikukut

Heru mengaku tidak mengetahui secara pasti kapan kedua orang diduga pelaku tersebut sudah diamankan polisi. Pihaknya hanya menerima informasi dari aparat kepolisian jika dua orang telah diamankan terkait dengan dugaan kasus pembakaran truk milik Satpol PP.

Sebelumnya, Heru mengatakan aksi pembakaran truk satpol PP sempat terekam kamera CCTV milik Dinas Perhubungan (Dishub) yang terpasang di Kartasura. Dari kamera CCTV tersebut terekam orang-orang yang diduga melakukan aksi pembakaran truk Satpol PP.

"Saat ini kasusnya masih dalam penyidikan polisi," katanya.

Mantan Danjen Kopassus Soenarko Akhirnya Diperiksa Polisi

Heru menjelaskan kronologi awal hingga truk milik Satpol PP terbakar saat aksi unjuk rasa menolak omnibus law UU Cipta Kerja di kawasan Tugu Kartasura pada Kamis (8/10/2020) lalu.

Rentetan Tembakan Gas Air Mata

Saat kejadian sopir masih berada di dalam truk. Namun secara tiba-tiba aksi yang semula damai berujung ricuh hingga terjadi rentetan tembakan gas air mata.

Tembakan gas air mata ini membuat massa berhamburan ke berbagai arah, termasuk ke arah selatan dimana truk satpol PP terparkir.

"Posisi saat itu ada truk Satpol PP dan water Canon milik Polisi. Tapi saat massa berhamburan water Canon maju dan truk satpol terjebak di kerumunan massa," katanya.

UU Cipta Kerja Ompong? Ini Kata Menaker Ida Fauziyah!

Kondisi saat itu, lanjut Heru, massa mulai anarkis hingga merusak pintu truk Satpol PP. Sementara petugas satpol PP yang juga sopir truk itu terjebak di dalam truk.

Petugas tak bisa mengamankan diri dengan kondisi mata terkena tembakan gas air mata. Beruntung warga menyelamatkannya saat truk mulai dalam kondisi terbakar.

"Kami menyerahkan sepenuhnya kasus pembakaran truk ke polisi," katanya.

Diketahui truk milik Satpol PP Sukoharjo dibakar saat aksi demo ribuan orang yang digelar gabungan elemen Solo Raya Menggugat di kawasan Tugu Kartasura pada Kamis lalu. Truk tersebut dibakar saat diparkir di pinggir jalan raya Solo-Yogya ikut mengamankan aksi demo.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom