SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasien Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, MADIUN -- Kota Madiun, Jawa Timur, mencatatkan angka kematian pertama akibat Covid-19. Hal ini menjadi pukulan bagi Kota Madiun yang selama ini menjadi salah satu daerah dengan angka nol kematian.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Madiun yang meninggal dunia tersebut adalah pasien nomor 28. Pasien berinisial P berusia 59 tahun ini merupakan warga Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Positif Covid-19 Karanganyar Tambah 2 Orang: ASN Solo dan Pegawai RSUD dr Moewardi

Berdasarkan data yang dirilis Pemkot Madiun, Minggu (2/8/2020), pasien meninggal ini adalah seorang laki-laki yang bekerja sebagai guru di SMP 1 Dolopo, Kabupaten Madiun.

Berdasarkan riwayat perjalanannya, pasien pada kasus kematian pertama akibat Covid-19 di Kota Madiun ini bersama keluarganya pada 19 Juli 2020 jalan-jalan ke Solo naik kendaraan pribadi.

Hadiri Arisan Bareng Kades Positif Covid-19, Camat-Kades di Gemolong Sragen Tak Dites Swab, Kenapa?

Empat hari setelah bepergian dari Solo, tepatnya tanggal 23 Juli, P mengeluh demam, pilek, dan batuk. Sehari setelahnya pasien ini baru berobat ke Klinik Panti Bahagia.

Tes Swab

Lantaran kondisinya semakin memburuk, pada Selasa (28/7/2020) pasien dirujuk ke RSUD Sogaten. Setelah dilakukan tes swab ternyata pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Sopir Diduga Panik Hingga Mobil Terguling di Gemantar Wonogiri, 1 Orang Meninggal

Sehari setelahnya, pasien dipindahkan ke ruang isolasi RSUD Sogaten dan menjalani rawat inap sampai Jumat (31/7/2020). Karena kondisi kesehatannya, pasien kemudian dirujuk ke RSUD dr Soedono, Jumat pukul 11.00 WIB.

Berselang satu jam, pasien ini dinyatakan meninggal dunia. Pemakaman pasien pada kasus kematian pertama akibat Covid-19 di Kota Madiun ini menggunakan protokol pemakaman jenazah Covid-19.

Viral Goweser Berfoto di Beton Pemecah Arus, Pengelola Dam Colo Nguter Sukoharjo: Itu Bahaya!

Tim kesehatan dari Kota Madiun telah melakukan tracing terhadap kontak erat pasien tersebut. Direncanakan pada Senin (3/8/2020) semua kontak erat pasien menjalani rapid test di Puskesmas Demangan.

Dengan adanya tambahan satu pasien konfirmasi positif Covid-19 ini, secara akumulasi kasus Covid-19 di Kota Madiun ada 28 orang. Dari jumlah itu, 18 pasien dinyatakan sembuh, enam orang dalam perawatan, tiga orang menjalani isolasi mandiri di rumah, dan satu orang meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya