Pasok Pakan Satwa Terganggu PPKM, Ayo Bantu Madiun Umbul Square!
Lima ekor anak merak hijau yang berhasil ditangkar oleh Lembaga Konservasi Madiun Umbul Square, Rabu (25/9/2019). (Istimewa-Madiun Umbul Square)

Solopos.com, MADIUN — Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di Kabupaten Madiun, Jawa Timur berdampak pada operasional Lembaga Konservasi Madiun Umbul Square. Lembaga konservasi dan tempat wisata ini terpaksa menghentikan kunjungan selama masa PPKM itu.

Salah satu dampak yang dirasakan pengelola Lembaga Konservasi Madiun Umbul Square adalah kesulitan menyiapkan pakan untuk satwa-satwa. Maklum saja, selama ini, pakan satwa bersumber dari penjualan tiket masuk yang dibeli para wisatawan.

Direktur Madiun Umbul Square, Afri Handoko, mengatakan Umbul Square tutup selama masa PPKM, 11 hingga 25 Januari 2021. Atas kondisi tersebut, saat ini pengelola membuka kesempatan memberikan donasi untuk membeli pakan bagi ratusan satwa yang ada di tempat itu.

Baca Juga: Iklim Tropis Indonesia Jadi Inspirasi GVFI Rilis Alter Vision

Dia menuturkan setiap bulan untuk kebutuhan pakan satwa mencapai puluhan juta rupiah. Sedangkan pemasukan selama masa PPKM tidak ada.

Sebenarnya, Umbul Square mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Tetapi, bantuan itu tidak mencukupi kebutuhan operasional.

Pencinta Satwa

“Untuk itu, kami membuka donasi untuk membantu memenuhi kebutuhan pakan satwa,” kata dia, Rabu (20/1/2021).

Afri menyampaikan sejak donasi dibuka hingga kini sudah terkumpul dana sekitar Rp18 juta. Donasi tersebut berasal dari komunitas pencinta satwa, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak, dan perbankan.

Baca Juga: Di Denpasar, Pemuda Lecehkan Kakek-Kakek Sampai Viral

Dana tersebut, lanjutnya, ada yang sifatnya bantuan dan ada yang sifatnya pembelian tiket masuk Umbul Square. “Tiket tersebut bisa digunakan saat Umbul Square sudah buka,” ujarnya.

Selain membuka donasi, Lembaga Konservasi Madiun Umbul Square juga menerima bantuan pakan dari masyarakat secara langsung seperti ayam, sayur-sayuran, buah-buahan, dan pakan satwa lainnya.

Bagi masyarakat yang ingin berdonasi untuk satwa bisa melalui rekening BRI atas nama Perusda Objek Wisata Umbul, 0045-01-003010-30-3.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Madiunpos.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom