Panjat Pohon hingga Stand Up Comedy,  Ini 10 Jurusan Kuliah Unik di Dunia
ilustrasi (istimewa)

Solopos.com, SOLO--Kebanyakan orang memilih jurusan berdasarkan potensi lowongan pekerjaan dan gaji di masa depan. Tapi, ada juga yang memilih jurusan dengan sedikit peminat agar punya peluang besar diterima di universitas negeri.

Meski begitu, seiring berjalannya waktu, faktor-faktor itu sudah tidak menjadi penentu karena mereka akan memilih sesuatu berdasarkan passion, minat dan bakat yang dimiliki.

Beberapa universitas di dunia, bahkan membuka jurusan unik yang terkadang berkaitan dengan hobi. Seperti dilansir dari Liputan6.com dan berbagai sumber belum lama ini, berikut jurusan unik dari berbagai universitas.

Baca Juga: Investor Pasar Modal Diprediksi Tumbuh Pesat, Ini Alasannya

1. Manajemen Golf PGA

Program manajemen golf PGA ini tersedia di Florida Gulf Coast University. Dalam program ini, mahasiswa belajar tentang golf mulai dari perencanaan bisnis, membuat klub, hingga cara mengelola rumput lapangan. Kalian juga bisa merasakan bermain golf di fasilitas terbaik.

Kedepannya, mahasiswa tidak hanya memiliki gelar sarjana di bidang golf, tapi juga bisa menjadi pemain golf atapun berkarier di bidang golf.

2. Cuaca Ekstrem

Program cuaca ekstrim tersedia di Universitas Michigan, Amerika Serikat. Dalam program ini, mahasiswa akan mempelajari tentang penghitungan bencana alam dan ilmu fisika yang berkaitan dengan cuaca ekstrem. Sementara itu, prospek karier di bidang ini adalah pengamat cuaca dan prakiraan badai.

3. Panjat Pohon

Program ini tersedia di Universitas Cornell, New York, Amerika Serikat. Dalam program ini, mahasiswa tidak hanya belajar tentang pengetahuan seputar panjat pohon. Namun, juga berbagai teknik memanjat alternatif, teknik tali-temali, dan cara berpindah dari satu pohon ke pohon lain.

Selain itu, ada juga mata kuliah tentang cara menilai pohon yang berbahaya untuk dipanjat dan cara tidur di pohon dengan tempat tidur gantung. Tentunya, ini akan menjadi lebih rumit dan menarik untuk dipelajari.

Baca Juga: Semarang Longgarkan Ketentuan saat Perpanjangan PPKM

4. Ilmu dan Teknologi Selancar

Program ini tersedia di Universitas Cornwall, Inggris. Program ini tidak hanya belajar tentang penjelajahan praktis, tapi juga memahami industri selancar dan membuat papan selancar. Jika tertarik pada program ini, kamu tidak harus mempunyai pengalaman berselancar. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai pelatih hingga manajer acara selancar.

5. Pendidikan Petualangan

Program ini tersedia di Universitas Negeri Plymouth, Inggris. Dalam program ini, mahasiswa akan mempelajari tentang petualangan alam, seperti panjat tebing, mendaki gunung, tali-temali, bahkan sesuatu yang berhubungan dengan hewan liar. Tak hanya itu, mahasiswa juga akan belajar tentang tantangan, pertumbuhan diri, penemuan jati diri dan keamanan.

6. Stand Up Comedy

Seperti namanya, mahasiswa dengan program ini dalam setiap proses belajarnya dipenuhi dengan humor dan candaan yang membuat suasana hati kamu selalu bahagia. Mahasiswa juga akan mempelajari tentang teori komik dan karya stand-up komedian yang lain.

Bahakan, mereka menghabiskan lebih dari separuh waktu kuliah untuk latihan pertunjukan. Jika kalian berminat, program ini ada di Universitas Kent, Inggris.

Baca Juga: Ini Lho! Keuntungan Investasi Emas Di Masa Pandemi

7. Bela Diri Ninja

Jika kalian ingin punya kemampuan hebat seperti naruto, program ini mungkin langkah yang tepat.  Dalam program ini, mahasiswa tak hanya belajar tentang bela diri, tetapi juga sejarah, kelangsungan hidup, dan keterampilan bertarung. Bahkan, cara agar tidak diketahui ketika melewati daerah pegunungan. Sayangnya, program bela diri ninja baru tersedia di Mie University’s International Ninja Research Centre, jepang.

8. Pelelangan

Harrisburg Area Community College adalah slah satu institusi yang menyediakan jurusan pelelangan. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari segala hal mengenai profesi juru lelang. Kalian juga akan diajarkan bagaimana cara melakukan dan menguasai pelelangan yang baik, benar dan adil serta metode untuk mendapatkan barang dengan strategi yang benar.

9. Pandai Besi

Program pandai besi tersedia di Universitas Southern Illinois. Program ini didesain untuk memahami cara mengembangkan keterampilan tangan dan menggunakannya untuk meningkatkan nilai estetika, pemikiran kritis dan kemampuan berdialog serta kemampuan teknis. Prospek kerjanya adalah sebagai seniman, pekerjaan museum dan akademik.

10. Ilmu Balap Kuda

University of Arizona merupakan universitas yang menyedikan jurusan ini. Di sini, mahasiswa akan mempelajari segala aspek yang berhubungan dengan balap kuda, seperti manajemen balap, regulasi, event balap, hingga pembiakan kuda. Sehingga, lulusannya bisa bekerja di bidang industri balap kuda, misalnya sebagai penyiar, event manager, jurnalis, atau fotografer.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom