Tutup Iklan
Pakai Dana Pribadi, Kades Ronggojati Wonogiri Berikan Wifi Gratis Tiap Dusun
Anak-anak Dusun Gunung Agung, Desa Ronggajati, Kecamatan Batuwarno, memanfaatkan layanan Wireless Fidelity (Wifi) gratis di pos ronda Gunung Agung, Sabtu (4/7/2020). (M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI – Warga Desa Desa Ronggojati, Kecamatan Batuwarno, kini bisa menikmati fasililitas Wireless Fidelity atau Wifi gratis di setiap dusun.

Wifi tersebut dipasang di ruang publik atau tempat umum yang biasa digunakan untuk berkumpul orang, seperti pos ronda dan gedung pertemuan dusun.

Desa Ronggojati mempunyai sembilan dusun. Tetapi ada 11 titik yang dipasang di desa tersebut. Ada tiga dusun di Ronggojati yang dipasang dua area wifi gratis.

Fasilitas wifi yang dipasang sejak Februari 2020 tersebut mempunyai kecepatan internet satu hingga dua Megabyte per second (Mbps).

Klaten Targetkan 7.000 Orang Ikuti Rapid Test Covid-19

Kepala Desa Ronggojati, Sutrisno, mengatakan fasilitas tersebut diberikan untuk memudahkan komunikasi antarwarga. Selain itu, lokasi atau keberadaan sebagian dusun di Ronggojati masih susah sinyal karena berada di pegunungan. Jika diberi layanan wifi segala informasi dan komunikasi bisa cepat.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu banyak warga yang menginput sensus penduduk menggunakan fasilitas wifi tersebut di dusun masing-masing.

"Yang paling banyak itu digunakan oleh anak-anak sekolah, terlebih saat pandemi ini. Mereka belajar diminta belajar di rumah, akhirnya memanfaatkan wifi gratis tersebut," kata dia saat ditemui Solopos.com di rumahnya, Dusun Gunung Agung, Ronggojati, Sabtu (4/7/2020).

Pemasangan wifi tersebut didanai secara pribadi oleh Sutrisno. Wifi gratis itu sama sekali tidak mengambil dari Dana Desa Ronggojati.

Kisah Suroto Magelang, 10 Tahun Kurung Diri di Kamar Sejak Erupsi Merapi Tak Pernah Mandi

Begitu juga dalam pembayaran setiap bulannya. Ia bekerjasama dengan jasa penyedia layanan internet yang kebetulan juga salah satu perangkat Desa Ronggojati.

"Warga mendapatkan layanan wifi secara gratis, dana desa tidak keluar untuk pelayanan tersebut," kata Sutrisno.

Ia berharap layanan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Orang tua harus mengontrol anaknya saat memakai layanan wifi gratis di Desa Ronggojati tersebut.

BNI Dukung Peluncuran Teman Bus di Solo, Apa Itu?


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho