Tutup Iklan
BNI Dukung Peluncuran Teman Bus di Solo, Apa Itu?
Peluncuran Teman Bus di Solo, Sabtu (4/7/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Bank Negara Indonesia (BNI) mendukung peluncuran Teman Bus beserta aplikasinya di Kota Solo, Sabtu (4/7/2020). Teman Bus adalah layanan transportasi umum untuk masyarakat Solo dan sekitarnya.

Layanan ini dikelola Batik Solo Trans sebagai operator. Teman Bus resmi hadir di Solo sebagai bagian implementasi program buy the service (BTS) Kementrian Perhubungan.

Program ini untuk menunjang kebutuhan mobilisasi masyarakat di Kota Solo. Berdasarkan rilis BNI yang diterima Solopos.com, Sabtu, BNI mendukung peluncuran layanan Teman Bus di Solo dengan menerbitkan Tap cash BNI special design yang menampilkan kearifan lokal Solo.

Pakar UI Desak Rapid Test Disetop: Tak Akurat dan Bikin Tekor

Dengan adanya Tap cash, masyarakat dapat lebih mudah, aman, dan cepat dalam membayar di loket Batik Solo Trans. Sekaligus mengedukasi masyarakat untuk lebih sadar akan transaksi nontunai atau cashless.

Tap cash BNI dapat diisi ulang di ATM BNI, EDC BNI, mobile banking BNI, Alfamart, Indomart, dan BNI Agen46.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, mengapresiasi kemitraan antara Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan Pemerintah Kota Solo melalui Teman Bus.

Perhutani Cek Penerapan Protokol Kesehatan Objek Wisata

“Ini adalah salah satu bentuk pelayanan angkutan umum moda transportasi massal, namun kami hadirkan dengan menggunakan skema BTS yang telah direncanakan sejak 2 tahun lalu. Semoga dengan hadirnya Teman Bus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan transportasi umum yang prima,” kata dia dalam rilisnya, Sabtu.

Selanjutnya, Budi menyebut Kementerian Perhubungan akan mengevaluasi program ini agar sesuai dengan kebutuhan kondisi transportasi perkotaan. Dengan demikian, diharapkan ke depan masyarakat akan beralih menggunakan transportasi umum.

Sementara itu, Teman Bus memiliki standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah. Direktur Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Ahmad Yani, berharap kehadiran layanan ini bisa memberi manfaat bagi Masyarakat Solo dan sekitarnya.

Duh! Kasus DBD di Klaten Ternyata Parah, 302 Kasus, 7 Meninggal

Dilengkapi CCTV dan Alarm Pengemudi

“Fasilitas Teman Bus dilengkapi dengan CCTV dan sensor alarm pengemudi adalah salah satu upaya untuk memberikan rasa aman bagi penumpang. Layanan ini juga mengedepankan kenyamanan penumpang dengan selalu menjaga kebersihan di dalam area bus,” ujar dia.

Selain itu, program yang didukung BNI ini juga mengikuti protokol kesehatan dengan mewajibkan penumpang memakai masker, menjaga jarak dengan kapasitas kendaraan 50%, dan menyediakan hand sanitizer.

Layanan Teman Bus di Kota Solo beroperasi di empat rute koridor, yaitu:

Kasus Tabrak SPBU Berlanjut, Tersangka Tahanan Luar

Koridor 1 (akan hadir): Bandara Adi Sumarmo-Terminal Palur

Koridor 2 (akan hadir): Terminal Kerten-Terminal Palur

Koridor 3: Terminal Kartosuro-Tugu Cembengan

Koridor 4: Terminal Kartosuro-Terminal Palur via Terminal Tirtonadi

Warga Sragen Berdesak-Desakan Beli Seragam Sekolah, Sudah Lupa Corona?

Semantara terkait tarif, saat ini diberikan gratis kepada masyarakat yang naik layanan transportasi Teman Bus. Layanan ini juga dilengkapi aplikasi mobile untuk memudahkan penumpang mendapatkan informasi rute, titik halte, dan jadwal keberangkatan Bus.

Dengan demikian Teman Bus diharapkan bisa menjadi angkutan dengan layanan terbaik di Indonesia. Aplikasinya saat ini sudah bisa diunduh di Playstore dan Appstore.

Adapun cara naik layanan ini sangat mudah yaitu cukup buka aplikasinya lalu tunggu di halte terdekat dari posisi calon penumpang yang tertera di aplikasi. “Siapkan kartu nontunai [Tap Cash BNI, Flazz BCA, Mandiri e-money, Brizzi BRI]. Naik, lalu tempelkan kartu nontunai pada perangkat reader,” urai rilis tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho