Oseng Jambu Mete, Kuliner Lezat Khas Wonogiri yang Masaknya Super Rumit
Begini penampakan oseng-oseng buah jambu mete di warung makan Pak Tesy, area Kantor Kejaksaan Negeri Wonogiri, Senin (28/9/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI -- Di Kabupaten Wonogiri, buah jambu mete tidak hanya dikonsumsi sebagai buah. Daging buah jambu mete bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan nikmat untuk lauk makan.

Jambu mete bisa masak menjadi oseng-oseng. Solopos.com sempat menjajal kuliner khas Wonogiri ini di warung makan Pak Tesy yang berada di area Kantor Kejaksaan Negeri Wonogiri, Senin (28/9/2020).

Oseng jambu mete ini berasa gurih, daging buah metenya empuk, dan tentu saja lezat. Rasa getar atau sepet yang biasanya ada di jampu mete hilang tak berbekas. Untuk membuat oseng jambu mete khas Wonogiri seenak ini ternyata tak mudah.

Setahun Pemberlakuan Perbup, Sejumlah Warung Kuliner Daging Anjing Masih Buka Di Karanganyar

Pemilik warung makan Pak Tesy di Wonogiri, Suwarno, mengatakan proses pengolahan buah jambu mete menjadi oseng-oseng cukup lama dan rumit. Awalnya, buah jambu mete dikupas terlebih dahulu sehingga warna kulit buah yang berwarna orange atau merah hilang.

"Buah jambu yang bisa dimasak yang umurnya masih sedang, tidak yang masih mentah maupun yang sudah matang," kata dia kepada Solopos.com di warungnya, Senin.

Setelah dikupas, buah jambu mete yang akan diolah menjadi oseng-oseng dicuci hingga bersih. Jika sudah, buah ditumbuk di atas wadah menggunakan alat penumbuk, yakni alu yang berukuran kecil. Buah lantas diperas hingga habis air dan getahnya, kemudian buah dicuci lagi.

Klaster Keluarga Merebak di Solo, di Rumah Harus Pakai Masker?

Menghilangkan Getah

"Tujuan buah dicuci dan diperas itu agar getahnya hilang. Proses mencuci atau membilas buah bisa sampai sepuluh kali, harus benar-benar bersih. Biar getahnya benar-benar hilang," kata dia.

Proses pembuatan oseng jambu mete tidak hanya sampai di situ. Menurut dia, setelah getah hilang, buah jambu mete dijemur dibawah sinar matahari selama satu hari. "Jemurnya jangan sampai kering banget. Jika sudah dijemur buah lantas direbus hingga empuk atau lunak," ujar dia.

Ia menambahkan jika jambu mete dimasak oseng-oseng, bumbu yang digunakan yakni bawang merah dan putih, garam, cabai, penyedap rasa,dan gula. Untuk menambah cita rasa, dicampur teri, ikan besek, dan ebi.

Suka Berkebun, Ini Kepribadian Seseorang Dilihat Tanaman Hias Yang Disuka

Menurut Suwarno, buah jambu mete tidak hanya bisa dimasak menjadi oseng-oseng, tapi juga bisa diolah menjadi botok dan rempah, tergantung kreativitas pemasak.

Setiap musim jambu mete, dia mengaku selalu mengolah buahnya menjadi masakan. Buah ia dapat dari pekarangan rumahnya atau tetangganya.

"Resep masakan ini sudah turun-temurun dari nenek moyang dulu. Masakan ini biasanya hanya dihidangkan di rumah tangga, jarang dijual. Tapi akhir-akhir ini mulai dijual di warung-warung makan," kata Suwarno.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom