Oseng Jambu Mete, Kuliner Lezat Khas Wonogiri yang Masaknya Super Rumit

Di Wonogiri, jambu mete bisa diolah menjadi oseng-oseng yang rasanya lezat, namun cara masaknya rumit.

 Begini penampakan oseng-oseng buah jambu mete di warung makan Pak Tesy, area Kantor Kejaksaan Negeri Wonogiri, Senin (28/9/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

SOLOPOS.COM - Begini penampakan oseng-oseng buah jambu mete di warung makan Pak Tesy, area Kantor Kejaksaan Negeri Wonogiri, Senin (28/9/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI -- Di Kabupaten Wonogiri, buah jambu mete tidak hanya dikonsumsi sebagai buah. Daging buah jambu mete bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan nikmat untuk lauk makan.

Jambu mete bisa masak menjadi oseng-oseng. Solopos.com sempat menjajal kuliner khas Wonogiri ini di warung makan Pak Tesy yang berada di area Kantor Kejaksaan Negeri Wonogiri, Senin (28/9/2020).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Oseng jambu mete ini berasa gurih, daging buah metenya empuk, dan tentu saja lezat. Rasa getar atau sepet yang biasanya ada di jampu mete hilang tak berbekas. Untuk membuat oseng jambu mete khas Wonogiri seenak ini ternyata tak mudah.

Setahun Pemberlakuan Perbup, Sejumlah Warung Kuliner Daging Anjing Masih Buka Di Karanganyar

Pemilik warung makan Pak Tesy di Wonogiri, Suwarno, mengatakan proses pengolahan buah jambu mete menjadi oseng-oseng cukup lama dan rumit. Awalnya, buah jambu mete dikupas terlebih dahulu sehingga warna kulit buah yang berwarna orange atau merah hilang.

"Buah jambu yang bisa dimasak yang umurnya masih sedang, tidak yang masih mentah maupun yang sudah matang," kata dia kepada Solopos.com di warungnya, Senin.

Setelah dikupas, buah jambu mete yang akan diolah menjadi oseng-oseng dicuci hingga bersih. Jika sudah, buah ditumbuk di atas wadah menggunakan alat penumbuk, yakni alu yang berukuran kecil. Buah lantas diperas hingga habis air dan getahnya, kemudian buah dicuci lagi.

Klaster Keluarga Merebak di Solo, di Rumah Harus Pakai Masker?

Menghilangkan Getah

"Tujuan buah dicuci dan diperas itu agar getahnya hilang. Proses mencuci atau membilas buah bisa sampai sepuluh kali, harus benar-benar bersih. Biar getahnya benar-benar hilang," kata dia.

Proses pembuatan oseng jambu mete tidak hanya sampai di situ. Menurut dia, setelah getah hilang, buah jambu mete dijemur dibawah sinar matahari selama satu hari. "Jemurnya jangan sampai kering banget. Jika sudah dijemur buah lantas direbus hingga empuk atau lunak," ujar dia.

Ia menambahkan jika jambu mete dimasak oseng-oseng, bumbu yang digunakan yakni bawang merah dan putih, garam, cabai, penyedap rasa,dan gula. Untuk menambah cita rasa, dicampur teri, ikan besek, dan ebi.

Suka Berkebun, Ini Kepribadian Seseorang Dilihat Tanaman Hias Yang Disuka

Menurut Suwarno, buah jambu mete tidak hanya bisa dimasak menjadi oseng-oseng, tapi juga bisa diolah menjadi botok dan rempah, tergantung kreativitas pemasak.

Setiap musim jambu mete, dia mengaku selalu mengolah buahnya menjadi masakan. Buah ia dapat dari pekarangan rumahnya atau tetangganya.

"Resep masakan ini sudah turun-temurun dari nenek moyang dulu. Masakan ini biasanya hanya dihidangkan di rumah tangga, jarang dijual. Tapi akhir-akhir ini mulai dijual di warung-warung makan," kata Suwarno.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Karsa Autentik Bung Hatta untuk Bangsa: Demokrasi dan Intelektualisme

      + PLUS Karsa Autentik Bung Hatta untuk Bangsa: Demokrasi dan Intelektualisme

      Mohammad Hatta alias Bung Hatta (12 Agustus 1902—14 Maret 1980) adalah politikus autentik. Kini sangat sulit menemukan sosok politikus seautentik Bung Hatta. Tanggal 12 Agustus 2022 tepat 120 tahun Bung Hatta.

      Berita Terkini

      Gibran Simpan Rekaman CCTV Paspampres Pukul Sopir di Solo: Kasar Banget

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah mengamankan rekaman CCTV aksi anggota Paspampres yang pukul sopir truk di Solo.

      Disarpus Karanganyar Adakan Nobar Gratis bagi Siswa SMP dan SMA

      Untuk mengedukaasi pelajar tentang perjuangan Indonesia, Disarpus Karanganyar mengadakan acara nonton bareng film perjuangan di bioskop mini milik mereka.

      Pendaftar Membeludak! Segini Penghasilan Perangkat Desa di Klaten

      Ribuan orang berbondong-bondong mendaftar lowongan perangkat desa di Klaten.

      Bawaslu dan KPU Catat Pelanggaran Rutin di Sukoharjo, Ini Daftarnya

      Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mulai mempersiapkan diri terkait penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden pada 14 Februari 2024 maupun Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Sukoharjo 27 November 2024.

      Isu Harga Mi Instan Naik 300%, Ini Hasil Pantauan di Pasar Boyolali

      Isu soal kenaikan harga mi instan tidak berpengaruh di pasar Boyolali. Harga mi instan di Pasar Boyolali masih stabil normal seperti biasa, Jumat (12/8/2022).

      Gara-Gara Ini! 352 Koperasi di Wonogiri akan Dibubarkan

      Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) Wonogiri akan membubarkan 352 dari 1.134 lembaga koperasi yang terdaftar di Wonogiri.

      Gibran Jadi Trending Twitter Gara-gara Paspampres Pukul Sopir di Solo

      Aksi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melepas masker anggota Paspampres saat hendak meminta maaf terkait pemukulan sopir truk di Solo sempat menjadi trending topic Twitter, Jumat (12/8/2022).

      35 Pelaku UMKM Ramaikan Sragen Expo 2022 di Gunung Kemukus

      Sebanyak 35 pelaku UMKM di Sragen akan memamerkan produk unggulan mereka di Sragen Expo 2022 yang digelar di Gunung Kemukus sejak Jumat (12/8/2022).

      Fix! Alun-Alun Wonogiri Steril dari PKL saat Konser Padi Reborn

      Padi Reborn akan menggelar konser di Alun-alun Giri Krida Bakti, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (13/8/2022).

      2 Tahun Vakum, Keluarga Mahasiswa Sragen Gelar Lagi Turnamen Futsal

      Ada 60 tim dari Soloraya yang akan bertanding dalam turnamen futsal yang digelar Keluarga Mahsiswa Sragen Regional Semarang sejak Jumat-Minggu (12-14/8/2022).

      Paspampres Pukul Sopir di Solo, Gibran: Saya Tak Terima Warga Digituin

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak terima ada warga yang diperlakukan kasar dan dipukuli anggota Paspampres.

      Bupati Jekek Wonogiri akan Gowes Akhir Pekan Ini, di Sini Startnya?

      Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, bakal mengikuti agenda gowes dalam rangkaian Festival Agustus Merdeka di Kabupaten Sukses, Sabtu (13/8/2022) pagi.

      Laris Manis Olahan Congor Mbok Semi Boyolali, Favorit Presiden Jokowi

      Sego Congor Mbok Semi Boyolali merupakan masakan legendaris yang dijual di warung sederhana di Bakalan, Tanduk, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah. 

      Diskusi Amdal Tambang Emas Wonogiri Ditunda, Warga Minta Daftar Hadir

      Warga di Desa Jendi, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri kecewa dengan penundaan sosialisasi analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) dalam kegiatan pertambangan dan pengolahan emas di Bukit Randu Kuning.

      Pengurukan Tanah Misterius di Grogol Sukoharjo, Ini Hasil Mediasi Warga

      Polemik pengurukan lahan di Desa Pondok, Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang sebelumnya dilakukan tanpa izin memasuki babak baru pascamediasi dengan warga, Selasa (9/8/2022) silam.