SOLOPOS.COM - Ada beberapa penyebab tersentak kaget saat sedang tidur nyenyak ( ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO--Saat sedang tertidur nyenyak, terkadang kita sempat tersentak kaget dan bangun karena gerakan otot yang tiba-tiba. Saat sedang tertidur nyenyak, terkadang kita sempat tersentak kaget dan bangun karena gerakan otot yang tiba-tiba. Gerakan tersentak ini pun berbagai macam, mulai dari kedutan kecil, kejang, bahkan duduk tegak dari tempat tidur.

Meskipun, kalian tertidur lagi setelah itu, kalian pastinya juga bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Melansir dari Brightside dalam liputan6.com, Kamis (1/10/2020) berikut penjelasannya.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Ajudan Positif Covid-19, Presiden AS Donald Trump Dan Melania Dikarantina

Otak melumpuhkan tubuh saat tidur

Pertama-tama, penting untuk memahami mengapa kalian tak bergerak selama tidur normal. Biasanya setelah tertidur, kalian akan terbangun di tempat yang persis sama dengan tempat kalian beristirahat.

Ini terjadi karena ada bahan kimia yang dilepaskan di otak yang mematikan sel yang memungkinkan otot untuk aktif. Jadi, meski otak aktif bekerja saat tidur atau bermimpi, otot-otot di tubuh akan tetap lumpuh.

Transisi dari sadar ke mengantuk

Lalu, mengapa terkadang kalian tidak lumpuh sempurna? kalian harus melihat apa yang sebenarnya terjadi di otak. Terdapat dua sistem utama yang mengontrol kehidupan sehari-haru.

Yang pertama disebut sistem pengaktifkan retikuler, yang termasuk ke dalamnya adalah proses fisiologis dasar, seperti bernapas. Saat ini dalam kekuatan penuh, kalian akan merasa waspada dan gelisah, dengan kata lain, kalian akan terjaga.

Yang berlawan dengan sistem ini adalah nukleus preoptik ventrolateral yang mendorong rasa kantuk. Bagian otak ini melepaskan zat kimia yang mematikan kemampuan untuk menggerakkan otot.

Saat kalian berusaha tidur itulah, otak beralih dari kondisi kesadaran ke kondisi mengantuk. Tapi ini tak bekerja seperti tombol "on-of” dan faktanya, kalian dapat menganggapnya lebih sebagai mekanisme geser yang bertransisi dari satu ke yang lain.

Transisi ini tak selalu berjalan mulus. Saat ada kesalahan, otak kalian sedang berjuang untuk mengontrol antara dunia nyata dan dunia mimpi.

Jadi, ketika bermimpi menendang bola, ini bisa diterjemahkan menjadi kalian benar-benar melakukan tendangan. Meskipun, hal ini tak selalu membangunkan, tapi ketika gerakannya cukup kuat, itu akan terjadi.

Setop Klaster Baru Covid-19: Berani Jujur Harus, Hidup Sehat Jalan Terus

Terkait refleks primata

Ada satu gagasan populer yang mengatakan penyebab kalian bisa tersentak saat tidur, bahwa hal tersebut adalah produk sampingan dari hasi evolusi. Ini bisa jadi refleks primata purba yang memperingatkan agar tak mengendurkan otot saat tidur di atas pohon.

Otak pada dasarnya salah mengartikan relaksasi sebagai tanda bahwa primata yang sedang tidur jatuh dari pohon dan menyebabkan otot bereaksi dengan cepat sebagai sistem peringatan.

Tersentak saat tidur adalah sesuatu yang normal dan tak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, ini tidak normal bila terjadi terlalu sering dan membuat kalian cemas. Jika ini terjadi terlalu sering, mungkin lebih baik berkonsultasi dengan spesialis tidur untuk mengetahui apa yang dapat kalian lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya