No Ribet, MPP Sukoharjo Layani Perizinan hingga Perpanjangan SIM

Di MPP Sukoharjo kini ada 32 instansi, lembaga keuangan, dan perbankan yang terintegrasi untuk memberikan layanan yang cepat, mudah, aman, dan nyaman bagi masyarakat.

 Unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo meninjau proses pelayanan publik saat soft launching Mall Pelayanan Publik (MPP) Sukoharjo, Kamis (2/6/2022). (Solopos-Bony Eko Wicaksono)

SOLOPOS.COM - Unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo meninjau proses pelayanan publik saat soft launching Mall Pelayanan Publik (MPP) Sukoharjo, Kamis (2/6/2022). (Solopos-Bony Eko Wicaksono)

Sukoharjo, SUKOHARJO – Pengelolaan Mall Pelayanan Publik atau MPP Sukoharjo dilakukan dengan memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, daerah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan swasta secara lebih progresif.

Di MPP Sukoharjo kini ada 32 instansi, lembaga keuangan, dan perbankan yang terintegrasi untuk memberikan layanan yang cepat, mudah, aman, dan nyaman bagi masyarakat.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Hal itu terungkap saat Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sukoharjo menggelar soft launching MPP Sukoharjo, Kamis (2/6/2022). Bangunan MPP Sukoharjo menempati lahan bekas Kantor Satpol PP, eks Kantor DPPKBP3A, serta bekas Kantor Bidang Pendapatan BKD.

Acara soft launching itu dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo dan perwakilan instansi, lembaga keuangan dan perbankan. Dalam kesempatan itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, melakukan penandatanganan kerja sama dengan instansi atau lembaga keuangan terkait pelayanan publik di MPP Sukoharjo.

Baca juga: Segera Pindahan, MPP Sukoharjo Mulai Beroperasi Saat Hari Jadi 15 Juli

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengatakan MPP Sukoharjo bagian dari perubahan dan perbaikan pelayanan publik. Esensi MPP Sukoharjo adalah memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, serta kenyamanan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Selain itu, meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha.

“Masyarakat bisa mengurus perizinan dan nonperizinan secara terpadu. Bisa mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan hingga layanan khusus di perbankan,” kata dia, Kamis.

Memiliki Layanan Publik

Ditambahkan Bupati, pola kerja pelayanan harus segera beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Beragam pelayanan publik dituntut dilakukan secara online yang memudahkan dan mempercepat proses perizinan maupun nonperizinan. Digitalisasi pelayanan publik yang terintegrasi diimplementasikan melalui MPP Sukoharjo.

Baca juga: Wijaya Jadi Nama Sejumlah Fasilitas Umum di Sukoharjo, Terakhir MPP

Tak menutup kemungkinan, jumlah instansi, lembaga keuangan dan perbankan yang bergabung di MPP Sukoharjo bertambah. “Ada kemungkinan bertambah karena masih ada beberapa stan yang kosong. Yang jelas, instansi atau lembaga yang ingin bergabung harus memiliki layanan publik,” papar dia.

Kepala DPMPTSP Sukoharjo, Roni Wicaksono, menyatakan pelaku usaha bisa mengurus perizinan berusaha berbasis risiko melalui sistem Online Single Submission (OSS) maupun pelayanan perizinan lokal. Begitu pula pelayanan non perizinan seperti izin survei, Kuliah Kerja Nyata (KKN), praktik dokter dan bidan.

Rencananya, kegiatan grand opening MPP Sukoharjo digelar saat peringatan Hari Jadi Sukoharjo pada Juli mendatang. “Prinsipnya, MPP Sukoharjo siap beroperasi untuk memberikan pelayanan publik yang terintegrasi, cepat, dan mudah. Mudah-mudahan, saat kegiatan grand opening MPP Sukoharjo bisa dihadiri Bapak Menteri [ Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Tjahjo Kumolo],” kata dia.

Baca juga: Jos, Karang Taruna Wonorejo Sukoharjo Panen Ikan Nila 80-100 Kg/Kolam

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).