SOLOPOS.COM - Viaduk Gilingan Solo. (Youtube/Solopos TV)

Solopos.com, SOLO – Rencana Pemprov Jateng memperlebar dan memperdalam Viaduk Gilingan di Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, menuai respons positif warganet. Mayoritas warganet mendukung rencana tersebut agar Viaduk Gilingan lebih nyaman dilewati.

Dukungan netizen terkait rencana pemerintah provinsi (pemprov) Jawa Tengah (Jateng) merehabilitasi Viaduk Gilingan Solo disampaikan lewat kolom komentar akun Instagram @jelajahsolo. Pengelola akun tersebut mempertanyakan pendapat netizen terkait rencana tersebut berdasarkan berita yang dimuat di Solopos, Senin (7/10/2019).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Baca juga: Viaduk Gilingan Solo Diperlebar, Ada Lahan Warga Yang Tergusur?

Mayoritas netizen setuju dengan proyek pelebaran Viaduk Gilingan Solo. Mereka berharap proyek tersebut bisa mengurai kemacetan di Viaduk Gilingan.

“Viaduk Gilingan bakal diperlebar. Setuju enggak gan? Mantap ini, bakal tidak macet lagi,” tulis @jelajahsolo sebagai keterangan foto yang ramai dikomentari warganet.

“Setuju banget min. Di sana itu bikin macet,” komentar @mifta_lathifa.

“Setuju banget. Buruan jangan lama-lama biar enggak macet,” imbuh @nadiel.vina.

“Pantas saja jalurnya diaspal lebar. Ternyata Viaduk juga mau diperlebar,” komentar @noor_rhoqim94.

Baca juga: Viaduk Gilingan Langganan Banjir, Tolong Diperbaiki!

Tak ketinggalan, beberapa netizen berharap sistem drainase di kawasan Viaduk Gilingan Solo ikut diperbaiki. Sebab, selama ini kawasan tersebut selalu digenangi air setiap kali diguyur hujan deras.

“Semoga tidak menjadi spot banjir lagi ya kalau musim hujan,” komentar @slestaritari.

“Drainase harus oke juga. Biar enggak jadi kolam renang kalau hujan deras,” imbuh @pritapretty.

“Diperdalam? Tambah banjir nanti gimana?” tanya @lilinnkeciil.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng, A.R. Hanung Triyono, mengatakan saat ini rencana tersebut tengah dikaji. Salah satu materi kajian adalah dampak pelebaran yakni pembebasan hunian dan lahan.

Detail engineering design (DED) pelebaran dan pendalaman viaduk Gilingan telah rampung. Untuk pendalaman viaduk disiapkan kolam dan pompa untuk menyedot air saat musim penghujan. Sebab, banjir menjadi masalah rutin di Viaduk Gilingan setiap musim hujan.

Baca juga: Truk Nyangkut di Viaduk Gilingan Solo, Netizen: Kasih Peringatan yang Besar!

Pelebaran dan pendalaman viaduk merupakan proyek lanjutan dari peningkatan kapasitas Jl. Ahmad Yani. Hanung Triyono menambahkan, jalan provinsi itu mengalami penyempitan dari Simpang Empat Tugu Wisnu Manahan hingga Terminal Tirtonadi. Anggaran pelebaran jalan itu mencapai Rp4,7 miliar.

Pelebaran Jl. Ahmad Yani Solo berdampak pada pemotongan puluhan pohon di ruas jalan. Dinas Lingkungan Hidup meminta Pemprov untuk mengganti pohon yang telah ditebang dengan menanam pohon baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya