Mobil Berhenti Mendadak di Rel Kereta? Begini Solusinya
Ilustrasi mobil mogok di rel kereta (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO – Kejadian mobil terjebak di perlintasan kereta api dapat diantisipasi dengan sejumlah langkah. Perlu diketahui, pengemudi jangan terjebak dalam kepanikan ketika mengalami mesin mati di rel kereta api.

Baru-baru ini, Mobil Honda Jazz milik Budi Widayanto, 54, warga Dukuh Banjarejo, Desa Tuban, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar ringsek tak berbentuk terhantam kereta api.

Mogok Saat Lintasi Rel, Honda Jazz Terhantam KA di Perlintasan Kalijambe Sragen

Laporan wartawan Solopos, Muh Khodiq Duhri, mobil berpelat nomor AD 8487 ZJ itu terhantam KA Matarmaja di perlintasan tanpa palang di Karangjati, Kalijambe, Sragen, Minggu (16/2/2020) sore.

Fenomena mobil berhenti mendadak di perlintasan kereta api seperti ini sudah beberapa kali terjadi. Peneliti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) punya penjelasan ilmiah terkait persoalan ini.

Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI Harry Harjadi menyebut akar masalah itu adalah emisi elektromagnet di palang kereta atau kabel penyalur arus listrik di sepanjang rel kereta yang tidak kompatibel.

Mogok Saat Lintasi Rel, Honda Jazz Terhantam KA di Perlintasan Kalijambe Sragen

Rel yang dilewati kereta api dalam jarak 600 meter ternyata menghantarkan medan magnet yang sangat tinggi. Medan magnet ini berpotensi mematikan putaran mesin mobil yang melintasi rel tersebut.

Penjelasan pakar LIPI itu juga dibenarkan General Manager Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM) 2015, Dadi Hendriadi.

“Penjelasannya masuk akal, gelombang elektromagnet bisa mempengaruhi arus-arus di dalam ECU maupun di luar ECU. Kan Fuel Injection system terdiri dari sensor-sensor ECU, dan aktuator-aktuator yang bekerjanya melalui kiriman sinyal-sinyal listrik,” ujarnya dilansir Detik.com, 8 Juni 2015.

Mogok Saat Lintasi Rel, Honda Jazz Terhantam KA di Perlintasan Kalijambe Sragen

Solusi Jika Mogok

Lalu, bagaimana jika Anda sudah terjebak di tengah rel dengan kondisi mobil mogok? Pertama tentu jangan panik. Jika masih ada waktu, cobalah menstarter ulang sampai mesin mobil kembali bekerja.

Namun, jika cara ini belum berhasil, minta semua penumpang termasuk Anda untuk keluar, lalu meminta bantuan untuk mendorong mobil Anda sampai ke tempat yang aman di luar jalur kereta. Tapi ingat! pastikan masih ada waktu sampai kereta mendekat menghampiri mobil Anda.

Kenali Penyebab Mesin Motor Sering Mati Tiba-Tiba

Khusus mobil bertransmisi manual, terdapat alternatif lain agar mobil tersebut menyala kembali atau setidaknya dapat bergerak di atas perlintasan kereta. Caranya, memindahkan persneling ke gigi satu, lalu starter tanpa menginjak pedal kopling. Mobil akan dapat bergerak akibat putaran dinamo starter. Lakukan hal ini jika dalam keadaan terdesak.

Untuk mobil matik, cara yang bisa dilakukan hanyalah mendorong mobil, perlu diingat, tuas transmisi pada posisi Netral (N) bukan Parking (P).

Putaran idle mobil matik biasanya lebih tinggi daripada mobil manual, sehingga mesin tidak mudah mati. Untuk kendaraan motor lainnya, pastikan pseneling dalam posisi netral sebelum Anda mulai untuk mendorong keluar perlintasan.

Mesin Mati, Bus Rombongan Pengantin Masuk Selokan

Solusi Alternatif

Ada solusi lain yang sempat viral pada akhir 2019 lalu. Seorang netizen membagikan kisah unik yang dialami saat mobilnya mogok di perlintasan kereta api. Kala itu, dia mencoba menyalakan mobilnya kembali dengan cara menekan klakson. Bukan menstarter seperti yang dilakukan kebanyakan orang.

“Tadi pukul 07.00 WIB, saya berangkat kerja seperti biasa menuju ke arah Roxy melewati kolong jembatan yang baru dan juga rel perlintasan kereta api. Ketika mobil saya sedang pas di rel kereta api, tiba-tiba saja mesin mobil saya mati. Dan pas itu juga sayup-sayup terdengar bunyi tut tut tut tut,” terang si netizen yang kisahnya dibagikan ulang pengelola akun Instagram @_infocegatansolo, Rabu (23/10/2019).

Mesin Mati, Bus Pariwisata Hantam Tebing Bukit

Si netizen melihat kereta api yang akan melintas jaraknya masih jauh. Dia pun mencoba menyalakan mesin mobil kembali dengan cara menekan klakson. Dia pernah mendengar cara tersebut ampuh menyalakan mesin mobil kembali berdasarkn pengalaman paman dan bibinya.

“Saya teringat kejadian dua tahun lalu saat om dan tante saya terjebak di rel kereta api di Surabaya. Mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak, tidak bisa dihidupkan. Mereka panik dan refleks saja om saya tekan klakson berkali-kali dan mencoba menstarter lagi. Eh, mesin mobil hidup lagi dan saat itu kereta api benar-benar mendekat,” sambung dia.

Berdasarkan cerita tersebut, si netizen pun menjajal cara menstarter mobil mogok di rel dengan cara menekan klakson. Dan ternyata cara itu juga berhasil menyalakan kembali mesin mobilnya. Keajaiban tersebut membuatnya penasaran dan mencari tahu penjelasannya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho