SOLOPOS.COM - Servis sepeda motor. (Welovehonda.com)

Tips otomotif kali ini tentang pengapian sepeda motor.

Solopos.com, DEPOK – Sebagian pengendara tentu pernah mengalami kondisi mesin sepeda motor tiba-tiba mati meski bensin masih penuh dan kunci on. Umumnya masalah terdapat pada sistem pengapian, lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Pemilik bengkel Raja Motor, Ajung mengatakan mesin motor tiba-tiba mati bisa karena komposisi campuran udara dan bahan bakar pada sistem pengapian tidak pas. Sehingga letupan api yang berguna sebagai tenaga penggerak tidak bisa maksimal.

“Kalau motor sedang jalan cepat terus mesin tiba-tiba mati, itu pengapiannya kurang bagus,” ujar Ajung di Depok, Jawa Barat sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Selasa (19/7/2016).

Jika terjadi demikian, maka harus dilakukan pengecekan pada komponen sistem pengapian yang terdiri dari busi, koil, CDI, dan sepul.

Hal lain yang menyebabkan mesin motor mati tiba-tiba bisa karena setelan langsam yang tidak tepat. Langsam dalam hal ini merupakan putaran mesin terendah tanpa perlu menarik tuas gas. Setelan langsam pada tiap motor umumnya berbeda-beda.

“Kasusnya kalau motor jalan pelan-pelan lalu gasnya dilepas dan mesin mati, itu karena langsamnya kurang bagus. Harus diservis,” imbuhnya.

Sementara dikutip Solopos.com dari laman Hondacengkareng.com,  faktor lain seperti penggunaan bahan bakar tidak sesuai kompresi, filter udara kotor, dan mesin terlalu panas (over heat) juga bisa membuat mesin motor mati tiba-tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya