Mitos Jokowi Dilengserkan Jika ke Kediri, Pramono Anung Bilang Guyon
Presiden Jokowi di Hartono Mall, Sukoharjo, Minggu (16/2/2020). (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, JAKARTA -- Pernyataan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang menyebut Presiden RI akan lengser jika berkunjung ke Kediri, Jawa Timur, kini menjadi sorotan. Setelah menjadi polemik, Pramono memberikan klarifikasi dan mengklaim ucapannya hanya guyonan.

Menurutnya, pemberitaan yang berkembang telah melenceng. Pramono, saat berada di Pondok Pesantren Putra Putri HM-HMQ Lirboyo beberapa waktu lalu mengakui turut memberi sambutan. Terkait hal itu, Pramono pun mengakui jika lahir dan besar di Kediri.

Untuk itu, Pramono mengklaim bahwa dia paham betul mengenai mitos yang berkembang di Kediri. Karenanya, pernyataan yang sempat menjadi buah bibir masyarakat itu, kata dia, hanyalah guyon belaka.

Datang Telat, Gibran Cipika-Cipiki dengan Rudy & Purnomo di Stadion Manahan

"Kan biasa suasana NU itu ger-ger-an, ketawa dan sebagainya. Dalam sambutan yang saya sampaikan, saya lahir dan besar di Kediri, sehingga saya tahu persis bahwa mitos itu memang ada," Pramono di Kantor Presiden, Senin (17/2/2020).

"Karena yang diundang dalam acara reuni akbar dan Muktamar itu Pak Wapres [Ma'ruf Amin], sambil bercanda saya bilang kalau Pak Wapres mangga saja mau datang karena diundang dan beliau kiai. Beliau tahu penawarnya. Semua orang [yang dengar] juga ketawa, ngakak," sambungnya.

Stadion Manahan Solo Diresmikan, Rudy Berharap Suporter Dewasa

Pramono menyebut guyonan yang dia lontarkan itu hanya bermaksud menyinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak diundang saat acara di Kediri itu. Dia pun mengaku kaget jika ucapannya itu menjadi liar di masyarakat.

"Pak Jokowi itu Presiden RI, saya terus terang kaget jadinya liar banget. Ini bercanda dan menyampaikan Pak Jokowi tidak diundang, dan semua orang ger, ketawa," kata dia.

Ucapan Mendalam Rudy: PDIP Tak Boleh Dicabik, Cukup Satu yang Berkorban

Sebelumnya, Pramono terang-terangan menyarankan Presiden Jokowi tidak berkunjung ke Kediri. Alasannya, setiap Presiden RI yang berkunjung ke Kediri kedudukannya akan dilengserkan.

"Pak Kiai, terus terang saya termasuk yang menyarankan Bapak Presiden [Jokowi] tidak ke Kediri. Saya yang menyarankan," kata Pramono dalam sambutan di acara peresmian rusun di Ponpes Lirboyo, Sabtu (15/2/2020) lalu.

Tak Ada Asap Rokok dan Desak-Desakan di Tribun Stadion Manahan Solo

"Karena saya juga masih ingat, ini mau percaya atau enggak, Gus Dur kundur [pulang] dari Lirboyo, tidak begitu lama gonjang-ganjing di Jakarta [berujung pelengseran Gus Dur]," ujar politikus PDIP tersebut.

Sumber: Suara.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho