Tutup Iklan
Minum Kopi Kok Kembung, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi minum kopi (freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Kebiasaan minum kopi belakangan kian ngetren di berbagai kalangan dengan semakin banyak berdiri coffee shop dan tempat menongkrong lainnya.

Namun terkadang muncul rasa tidak enak di perut setelah minum kopi apalagi jika kita minum kopi secara berlebihan.

Express UK beberapa waktu lalu melansir rasa tidak enak yang ditimbulkan setelah minum kopi bisa jadi merupakan gejala perut kembung. Kopi hitam ditengarai dapat memicu kembung karena kandungan asamnya.

Mau Punya Uang Rp1 Miliar Saat Pensiun? Begini Caranya!

Efek minum kopi ternyata dapat mengiritasi perut sensitif dan menyebabkan pembengkakan dengan cepat.

Hati-hati, karena menambahkan gula atau pemanis buatan dalam kopi malah dapat memperburuk masalahnya.

Rasa manis pada minuman kopi membuat tubuh tidak bisa mengenali dan pada akhirnya sulit mencerna kopi tersebut. Terlebih bila tubuh tidak toleran terhadap laktosa, menambahkan krim atau susu ke kopi akan menyebabkan kembung dan masalah lain pada usus.

Benarkah Diet Telur Rebus Jadi Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan?

Tapi bukan hanya kopi yang bisa membuat perut terasa kembung. Makanan atau minuman lain juga dapat memicu perut kembung yakni minuman bersoda, kacang polong, bawang, brokoli, kubis, kecambah, dan kembang kol.

Agar perut tak kembung, lebih baik menghindari makanan tersebut. Cobalah mencatat apa saja yang dimakan dan kenali efeknya pada tubuh.

Kurangi Porsi Makan

Selain itu, kelola stres yang dapat memperlambat pencernaan, menyebabkan kembung, sembelit, dan nyeri. Hindari makan saat stres, cemas, atau dalam kondisi sedang sedih.

Sebaiknya jangan makan secara berlebihan dan jangan terburu-buru saat makan. Kunyahlah makanan dengan baik. Kurangi ukuran porsi makan atau cobalah makan 4 hingga 5 porsi kecil daripada 3 porsi besar.

Perut kembung juga bisa dicegah dengan makan secara teratur dan cobalah untuk tidak melewatkan makan. Hindari makan besar sebelum tidur dan pastikan banyak minum air putih.

Rahasia Diet Artis Korea, Turun 3 Kilogram dalam 5 Hari


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho