Tutup Iklan

Miliki Alat TCM, RSUD dr Soedono Madiun Kini Bisa Lakukan Uji Swab Covid-19

RSUD dr. Soedono Madiun saat ini sudah bisa melakukan uji swab untuk kasus Covid-19.

Miliki Alat TCM, RSUD dr Soedono Madiun Kini Bisa Lakukan Uji Swab Covid-19

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes virus corona (Covid-19). (Freepik)

Solopos.com, MADIUN — RSUD dr. Soedono Madiun saat ini sudah bisa melakukan uji swab untuk kasus Covid-19. Hal ini setelah rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut diberikan alat TCM atau tes cepat molekuler dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Alat TCM ini sebelumnya digunakan untuk memeriksa pasien TB atau tuberkulosis. Tetapi, alat ini juga bisa digunakan untuk memeriksa pasien dengan mengganti cartridge Covid-19.

Luwes Gading Solo Makin Ramai, Pengelola: Pembeli Tak Dilayani Jika Tidak Pakai Masker Secara Benar!

Direktur RSUD dr. Soedono Madiun, Bangun Tripsilla Purwaka, mengatakan pihaknya baru menerima satu unit alat TCM pada Jumat pekan lalu dari BNPB. Alat tersebut juga telah diinstal dan saat ini sedang dilakukan uji coba.

“Untuk tahap awal, akan kami gunakan untuk mengecek kondisi pasien Covid-19 yang telah dirawat di RSUD dr. Soedono. Saat ini pasien yang dirawat ada 10 orang dengan tiga positif dan tujuh PDP,” jelas Bangun, Rabu (20/5/2020).

Tak Ingin Lagi Ada Korban Jiwa, Petani Sragen Cabuti Jebakan Tikus Berlistrik

Untuk mengoperasikan alat TCM ini, kata dia, RSUD dr. Seodono sudah memiliki tenaga yang bisa mengoperasikannya. Karena pihak rumah sakit memang sudah memiliki alat TCM yang digunakan untuk memeriksa pasien TB.

“Alat ini kami sudah memakainya cukup lama untuk pasien TB. Nantinya tinggal menggantikan cartridge Covid-19 sudah bisa digunakan tes swab,” ujarnya.

Kuota

Mengenai kuota harian untuk alat ini, Bangun menyampaikan masih menghitung alat TCM ini bisa mendeteksi berapa spesimen per hari. Namun, saat ini pihaknya baru mendapatkan cartridge 120 unit dari pemerintah.

Bangun menuturkan setelah alat ini bisa berfungsi sempurna maka RSUD dr. Soedono akan membuka uji swab dari rumah sakit luar. Sehingga, rumah sakit yang ada di wilayah Madiun tidak perlu ke Surabaya untuk melakukan uji swab pasien Covid-19.

Istimewa! Ada Jalur Khusus Untuk Anak Tenaga Medis Jateng di PPDB SMA/SMK 2020

“Selasa pekan depan baru kita buka untuk umum. Karena di wilayah Madiun ini cukup banyak pasien Covid-19. RSUD Dolopo saja ada 14 pasien positif,” jelasnya.

RSUD dr. Soedono menyediakan ruang isolasi sebanyak 54 unit. Untuk saat ini ruang yang terpakai hanya 10 saja.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jaga Kota Solo Aman, Ormas dan Polisi Harus Lakukan Ini

Kondisi keamanan dan ketertiban Kota Solo merupakan barometer keamanan dan ketertiban skala Nasional. Oleh karenanya rasa persatuan dan kesatuan harus selalu terjaga.

Positif Covid-19, Tujuh Anggota TNI Jalani Karantina Di Benteng Vastenburg Solo

Tujuh anggota TNI positif Covid-19 saat hendak menjalankan tugas TMMD dan saat ini menjalani karantina di Benteng Vastenburg Solo.

4 Warga Meninggal Kena Covid-19, 1 Gang di Kota Mojokerto Lockdown

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, mengatakan saat ini tracing diperluas ke Sidomulyo gang 3.

Gas! Rute ke Gunung Telomoyo Magelang Pacu Adrenalin

Pengunjung yang akan ke puncak Gunung Telomoyo Magelang harus mempunyai kemampuan bersepeda motor yang baik agar sampai tujuan.

Duh! Gara-Gara Postingan Di Medsos, 6 Orang Rusak 2 Rumah Dan Aniaya Warga Mojogedang Karanganyar

Enam orang ditangkap polisi karena nekat rusak rumah warga Mojogedang, Karanganyar, gara-gara tersinggung dengan postingan di media sosial.

Prediksi Italia Vs Swiss: Misi Amankan Tiket 16 Besar

Timnas Italia berpotensi menjadi tim pertama yang menyegel tiket ke fase gugur Euro 2020 tapi harus menumbangkan Swiss dalam laga kedua Grup B.

Selamat, Warga Gemolong Sragen Dapat Grandprize Mobil dari BRI

Nasabah BRI Unit Gemolong II, Sragen, Wahyuningsih, mendapat hadiah mobil Suzuki All New Ertiga dalam Panen Hadiah Simpedes Semester II 2020.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

1 Lagi Pasien Covid-19 Dari Klaster Masjid Paulan Karanganyar Meninggal

Jumlah kasus positif Covid-19 yang meninggal dari klaster masjid di Paulan, Colomadu, Karanganyar, bertambah satu orang.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

37 Adegan Ungkap Fakta-Fakta Pembunuhan Wanita di Waduk Kembangan Sragen

Tersangka pembunuhan wanita di Waduk Kembangan, Karangmalang, Sragen, memeragakan 37 adegan pada rekonstruksi yang digelar Polres.

Rumah Sakit Kritis di Tengah Kasus Aktif Tertinggi

Sejumlah rumah sakit di Klaten akan menambah tempat tidur menyusul kondisinya yang mulai kritis, Kasus aktif Covid saat ini menjadi yang tertinggi sejak pandemi.