Menyalip di Tikungan Akhir, Juara Bertahan SMAN 1 Karanganyar Masuk Semifinal LCC FAM 2021
Tim yang bersaing di Sesi IV LCC Virtual FAM 2021

Solopos.com, SOLO -- Satu lagi wakil Kabupaten Karanganyar mengamankan satu tiket di babak semifinal Lomba Cerdas Cermat Virtual Festival Ayo Membaca atau LCC virtual FAM 2021, yakni SMAN 1 Karanganyar.

Dengan semangat menggebu, peserta dari SMAN 1 Karanganyar, Rosyid Hidayatul Fadilah dan Novita Anggun Pratiwi, menyalip peserta lain di tikungan terakhri alias saat pertanyaan rebutan babak penyisihan LCC, Rabu (27/1/2021) siang.

Pada tahap sebelumnya, yakni pertanyaan wajib, SMAN 1 Karangnyar yang merupakan grup C sempat ketinggalan dengan hanya meraih 70 poin.

Baca Juga: Saingi Iphone 12 Mini, Sony Bakal Luncurkan Xperia Compact Terbaru

Nilai sekolah yang pada FAM 2018 lalu sukses menyabet juara pertama LCC itu kalah dari peserta grup A yakni MA Muallimaat Muhamadiyah Yogyakarta.

MA Muallimaat lebih unggul saat pertanyaan wajib dengan mengumpulkan nilai 90 hasil sembilan jawaban benar dan satu jawaban salah. Sedangkan grub B yakni SMK Teknosa Solo berhasil meraih nilai terendah saat pertanyaan wajib dengan menghimpun 40 poin.

Walau sempat kalah, SMAN 1 Karanganyar tak patah semangat. Sekolah ini justru tancah gas dan dengan lantang menjawab sebagian besar pertanyaan rebutan. Alhasil, sekolah tersebut sukses mengumpulkan 150 poin.

Baca Juga: SMAN Kerjo Karanganyar Melaju ke Semifinal LCC FAM 2021, Bersiap Mengulang Sukses 2017?

Kunci Kemenangan

Salah satu wakil Karanganyar itu mengungguli MA Muallimaat Muhamadiyah Yogyakarta yang meraih 105 poin dan SMK Teknosa Solo dengan 60 poin.

“Kunci kemenangan SMAN 1 Karanganyar saya kira adalah keberanian menjawab dan kecepatan. Mereka benar-benar memanfaatkan peluang untuk lebih dulu mengangkat tangan sebagai tanda siap menjawab pertanyaan rebutan,” ujar Ketua Panitia FAM 2021, Danang Nur Ihsan, kepada Solopos.com, Rabu (27/1/2021).

Menanggapi kemenangan di babak penyisihan sesi IV LCC FAM 2021, Novita dari SMAN 1 Karanganyar, mengatakan dirinya dan tim sangat bersemangat mengikuti ajang ini. “Semangat Kak, semangat terus,” kata dia seusai lomba berakhir.

Baca juga: Boyolali Siapkan Rp6 Miliar Untuk Vaksinasi Covid-19

Dalam lomba yang digelar Solopos Group bersama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Yamaha Indonesia, Indosat Ooredoo, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah ini setiap peserta dihadapkan pada 10 pertanyaan wajib dan harus berebut menjawab 15 pertanyaan rebutan.

Setiap pertanyaan wajib yang betul dinilai 10 dan jika salah 0. Sedangkan untuk pertanyaan rebutan jika benar 10, salah minus 5.

“Jadi peserta harus pandai-pandai mengatur strategi agar tidak membuat kesalahan saat pertanyaan rebutan karena kesalahan akan mengurangi nilai. Juga fokus dan cepat merespons pertanyaan,” kata Host LCC FAM 2021, Putu Narendra.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom