Mengenal Ring of Fire, Penyebab Indonesia Rawan Gempa

Karena terletak di ring of fire tersebut, Indonesia merupakan negara yang rawan bencana seperti gempa bumi, letusan gunung berapi hingga tsunami.

 Ilustrasi peta Indonesia. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi peta Indonesia. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Secara geografis, Indonesia berada di wilayah ring of fire Pasifik atau cincin api Pasifik dimana merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik.

Dilansir dari National Geographic, cincin api melacak titik pertemuan banyak lempeng tektonik, termasuk Eurasia, Amerika Utara, Juan de Fuca, Cocos, Karibia, Nazca, Antartika, India, Australia, Filipina, dan lempeng lain yang lebih kecil, yang semuanya mengelilingi Lempeng Pasifik yang besar.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Lempeng-lempeng tersebut terus meluncur, bertabrakan, atau bergerak di atas atau di bawah satu sama lain. Pergerakan inilah yang kemudian menghasilkan palung laut dalam, letusan gunung berapi, dan episentrum gempa di sepanjang batas pertemuan lempeng, yang disebut garis patahan.

Baca Juga: Rumah Tradisional Tahan Gempa Dirancang Nenek Moyang Sejak Dulu Kala

Sabuk ring of fire ini mengikuti rantai busur pulau seperti Tonga dan News Hebrides, Indonesia, Filipina, Jepang, Kepulauan Kuril, dan Aleutians, serta busur lainnya. Selain dipenuhi rangkaian gunung api, Ring of Fire juga dibingkai oleh palung laut di bagian sisi samudera dengan daratan kontinental terletak di belakangnya. Bahkan, Cincin Api merupakan rumah bagi palung laut terdalam, yakni Palung Mariana. Ini terletak di sebelah timur Guam dan terbentuk ketika satu tempat tektonik didorong ke bawah yang lain.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sebagian besar gempa Bumi di dunia, bahkan sebagian besar gempa Bumi terkuat, dan sekitar 75 persen gunung berapi dunia terjadi di dalam Cincin Api. Adapun peristiwa vulkanik besar yang telah terjadi di dalam lingkup Cincin Api sejak tahun 1800 adalah letusan Gunung Tambora (1815), Gunung Krakatau (1883), Gunung Novarupta (1912), Gunung Saint Helens (1980), Gunung Ruiz (1985), dan Gunung Pinatubo (1991).

Baca Juga: Deretan Gempa Bumi dengan Korban Jiwa Terbanyak di Indonesia

Cincin api juga telah menjadi tempat terjadinya beberapa gempa Bumi terbesar dalam sejarah yang tercatat, seperti gempa Chili (1960), gempa Alaska (1964), gempa Chili (2010), gempa Jepang (2011), serta gempa yang memicu tsunami Samudera Hindia (2004). Jalur gempa Bumi Berada dalam jalur Ring of Fire, membuat Indonesia menjadi wilayah yang rentan mengalami gempa Bumi. Selain itu, kerawanan gempa yang tinggi di Indonesia juga diakibatkan oleh jalur pertemuan lempeng.

Karena posisi berada di ring of fire tersebut, Indonesia merupakan negara yang rawan dengan bencana seperti gempa bumi, letusan gunung berapi hingga tsunami.

Baca Juga: Rawan Gempa, Indonesia Jalur Pertemuan 3 Lempeng Tektonik

Mengutip laman indonesiabaik.id pada Kamis (24/11/2022), sekitar 90 persen dari gempa bumi yang terjadi dan 80 persen dari gempa bumi terbesar di dunia terjadi di sepanjang wilayah cincin api yang apabila bertemu dapat menghasilkan tumpukan energi.

Di sekitar pertemuan tiga lempeng inilah terjadi akumulasi energi tabrakan hingga sampai tidak sanggup lagi menahan tumpukan energi dan akhirnya energi tersebut dilepas dalam bentuk gempa bumi.

Daerah gempa berikutnya (5-6 persen dari seluruh gempa dan 17 persen dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatera melalui Himalaya, Mediterania hingga ke Atlanitka.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Arti Mimpi Terkait Bom Tak Selalu Mengerikan

      Berikut ini sejumlah arti mimpi terkait bom.

      Ini Manfaat Cermin di Dalam Lift

      Ternyata, penempatan cermin di dalam lift memang ada tujuan dan manfaatnya lho!

      Awas! Oral Seks Berbahaya

      Setelah mengetahui oral seks berbahaya lantaran bisa menularkan berbagai penyakit, ketahui bagaimana cara melakukan aktivitas ini yang aman dengan pasangan.

      Tanaman Unik Pemakan Serangga, Kantung Semar Terancam Perdagangan Liar

      Populasi tumbuhan karnivora nepenthes atau yang lebih dikenal dengan sebutan kantung semar terancam perdagangan liar.

      Pilih Jenis Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhanmu!

      Jenis asuransi kesehatan selayaknya disesuaikan dengan kebutuhan agar tak memicu masalah di kemudian hari.

      Biaya Operasi Tulang Bisa Bikin Kaget, Tapi Bisa Ditanggung BPJS Hlo!

      Biaya operasi tulang bukanlah hal yang murah dan ini menjadi penting untuk menjadi peserta asuransi kesehatan.

      Apakah Menggelar Pesta Pernikahan Wajib? Begini Hukumnya Menurut Islam

      Apakah menggelar pesta pernikahan wajib dilakukan? Berikut ini hukumnya menurut Islam dari pandangan Nahdlatul Ulama, NU online.

      Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Desember 2022, Lengkap dengan Bacaan Niatnya

      Berikut ini terdapat jadwal puasa ayyamul bidh pada Desember 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriah.

      Arti Mimpi Menonton TV Mengandung Pesan Penting

      Berikut ini arti mimpi terkait menonton televisi.

      Meski Berisiko, Kenali Manfaat Berhubungan Seks saat Haid

      Berhubungan seks saat haid memang masih menjadi kontroversi lantaran ada risiko mengintai dan di satu sisi justru memberikan manfaat.

      Ilmuwan Ciptakan Alat Pendeteksi Kelainan Suara Kentut

      Para ilmuwan telah menciptakan sebuah mesin yang akan mengenali dan menganalisis suara kentut, urine dan feses yang dikeluarkan seseorang.

      Mengenal Upacara Tumplak Punjen Seperti dalam Pernikahan Kaesang-Erina

      Sebelum mengenal tumplak punjen, ketahui terlebih dahulu bahwa sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga mengadakan upacara ini.

      Hukum Datang Telat Salat Jumat Menurut Pandangan NU

      Berikut ini terdapat penjelasan dari NU online terkait hukum datang telat salat Jumat. Apakah harus salat zuhur?

      Makna Ngunduh Mantu Kaesang & Erina, Prosesi Sakral Pernikahan Adat Jawa

      Ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar mengikuti tata cara adat yang sakral dan penuh makna.

      Arti Batik Parang Lereng yang Dilarang Dipakai di Tasyakuran Kaesang-Erina

      Dilarang digunakan saat acara tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina, apa arti motif batik parang lereng?

      Doa agar Terhindar dari Bencana Alam Banjir, Gempa Bumi hingga Gunung Meletus

      Berikut ini terdapat doa agar terhindar dari bencana alam banjir, gempa bumi, hingga gunung meletus menurut Islam.