SOLOPOS.COM - Kondisi bengkel mobil ketok magic berlokasi di Kranggan Kulon, RT001/ RW002, Wirogunan, Kartasura, yang terbakar Sabtu (22/10/2022) pukul 14.30 WIB.(Solopos.com/ Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO — Kronologi kebakaran bengkel mobil ketok magic yang berlokasi di Kranggan Kulon, RT 001/ RW 002, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (22/10/2022) sore, dimulai dari percikan api yang merambat ke tiner.

Kejadian itu menyebabkan enam mobil terbakar hingga menyebabkan kerugian material sekitar Rp500 juta. Ditambah satu korban luka berat dan satu luka ringan. Kedua korban langsung dilarikan ke rumah sakit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Korban luka berat yakni Sudadiyo,50, dan korban luka ringan yakni, Bagas, 25. Keduanya merupakan pegawai di bengkel tersebut.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Sabtu sore, kronologi kebakaran bengkel mobil di Kartasura itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Pemilik bengkel, Surajo, Sabtu, mengatakan kejadian bermula saat salah satu karyawan sedang menggunakan las. Percikan api kemudian merambat ke tiner, hingga menyebabkan kebakaran sekitar pukul 14.30 WIB.

Baca juga: Gudang Cat di Cemani Sukoharjo Terbakar, 90% Ludes Dilalap Api

Salah satu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sukoharjo, menambahkan, kronologi kebakaran bengkel mobil tersebut benar bermula dari percikan api.

Percikan api berasal dari seorang pekerja bengkel yang sedang memperbaiki lampu mobil Xenia. Sementara, ada pekerja bengkel lain yang membuka tiner.

Api dengan cepat merambat ke tiner hingga membakar enam mobil di dalam bengkel. Mobil tersebut di antaranya satu unit Grand Max, satu unit Katana, satu unit Panther, satu unit Zebra, satu unit Xenia, dan satu unit mobil Innova.

Sementara, ada empat lainnya yang akhirnya berhasil diselamatkan. Pemilik bengkel kemudian melaporan kebakaran ke petugas Damkar Sukoharjo sekitar pukul 14.47 WIB.

Pada saat kejadian Damkar Sukoharjo mengirimkan 2 unit armada pemadam kebakaran dan 8 personel, dibantu 2 unit armada pemadam kebakaran dari Solo, dan 1 unit pemadam kebakaran dari Boyolali.

Baca juga: 2 Mobil dan 1 Motor Terbakar, Kerugian di Begajah Sukoharjo Masih Dihitung

Api dipadamkan mulai pukul 15.23 WIB hingga selesai.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Sukoharjo, Margono, Sabtu, mengatakan hingga pukul 15.40 WIB ada puluhan personel Damkar yang diterjunkan.

Mereka berasal dari Damkar Sukoharjo. Damkar Boyolali, dan Damkar Solo.

Unit mobil damkar yang terlibat antara lain Sukoharjo, Solo, dan Boyolali. Rinciannya yakni sebanyak dua unit mobil Damkar Sukoharjo, dua unit Damkar Solo, dan 1 unit Damkar dari Boyolali. “Puluhan personel [yang terlibat membantu pemadaman],” kata Margono singkat.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Sabtu sore, terlihat lima unit mobil kebakaran gabungan dari Sukoharjo, Solo, dan Boyolali diturunkan ke lokasi. Arus lalu lintas di kawasan tersebut sempat mengalami kemacetan.

Baca Juga: Layanan Damkar Sragen, dari Padamkan Api hingga Melepas Lepas Cincin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya