SOLOPOS.COM - Warga melintas di depan kawasan menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Rabu (14/10/2020). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Sejak proyek pembangunan rampung pada 2019 lalu hingga kini Menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten belum dibuka untuk umum.

Padahal menara Masjid Agung Al Aqsha itu bisa menjadi objek wisata baru dengan melihat panorama Klaten dari ketinggian.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperwaskim) Klaten mengusulkan anggaran untuk penambahan perlengkapan serta perbaikan pada bagian dalam menara masjid.

Reruntuhan Candi di Situs Kali Woro A Klaten Tak Terawat, Begini Kondisinya

Kepala Disperwaskim Klaten, Pramana Agus Wijanarka, mengatakan menara belum dibuka untuk umum menyusul masih ada pembenahan. Tahun ini, ada pemagaran di kawasan menara masjid dengan alokasi anggaran dari APBD perubahan sekitar Rp192 juta.

Pada 2021, ada rencana pengalokasian anggaran untuk menara sekitar Rp2 miliar. Alokasi anggaran itu untuk pengadaan genset serta pemeliharaan seperti pada bagian lift.

“Lift sudah ada dan berfungsi. Tetapi memang perlu pemeliharaan secara berkala,” kata Pramana saat ditemui di Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (14/10/2020).

Ini dia 3 dari 6 Objek Wisata Milik Pemkab Klaten yang Sudah Dibuka Lagi

Alasan lain menara masjid belum dibuka untuk umum yakni belum dilengkapi diorama. Pramana menjelaskan menara masjid bakal ditambahi diorama yang menceritakan sejarah pendirian Masjid Agung Al Aqsha Klaten.

“Sebelum ada menara kondisinya seperti apa kemudian dibangun masjid dan menara seperti apa ini nanti disajikan dalam teknologi informatika. Rencana diorama pada bagian lantai dasar,” tutur dia.

Hanya saja, penambahan diorama itu membutuhkan dana tak sedikit. Pramana memperkirakan butuh alokasi anggaran sekitar Rp1,5 miliar.

Soal pembukaan menara Masjid Agung Al Aqsha untuk umum, Pramana memperkirakan pada 2021 setelah pembenahan selesai dilakukan. Selain itu, pembukaan menara untuk umum juga tergantung kebijakan bupati.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten setinggi 66,66 meter. Gardu pandang dengan jendela kaca mengelilingi menara berada pada ketinggian 35 meter.

Pembangunan Bertahap Dibiayai APBD Klaten

Menara itu melengkapi bangunan Masjid Agung Al Aqsha Klaten yang berada di tepi jalan raya Solo-Jogja, Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara. Menara dibangun secara bertahap dibiayai APBD Klaten.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten, Amin Mustofa, menjelaskan kelengkapan fasilitas menara masjid berupa diorama menjadi kewenangan Disperwaskim.

“Kami siap ketika dibutuhkan untuk mendapatkan materi informasi soal dokumen-dokumen sebelum dan sesudah kawasan tersebut dibangun masjid dan menara,” kata Amin.

Inspiratif! Paguyuban di Klaten Ini Dirikan Warung Makan Gratis di Tengah Pandemi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya