SOLOPOS.COM - Ilustrasi sedih. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah cara menghadapi situasi saat mantan pacar menikah duluan. Saat kali pertama mendengar kabar ini, tentu bikin patah hati untuk kedua kali, sedih, dan galau.

Apalagi jika kita belum menikah, sementara mantan justru naik pelaminan duluan, hati terasa teriris-iris bukan? Untuk menghadapinya, simak ulasannya di tips cinta dan asmara kali ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dikutip melalui Global News, Pakar hubungan Nicole McCance mengatakan, cara menghadapi situasi pacar menikah duluan tersebut sebetulnya bergantung kepada proses yang dialami setiap orang. “Jika kamu pihak yang sakit hati, normal untuk merasa sedih, tersakiti dan merasakan harga dirimu jatuh karena mungkin berpikir ‘kenapa dia tidak memilih aku’ atau merasa tidak cukup baik,” katanya, dikutip melalui Global News, Sabtu (5/2/2022).

Bahkan, dia melanjutkan meskipun seseorang telah berpindah hati (move on) dan menjalani kehidupan dengan pasangan baru, perasaan kompetitif dengan mantan, baik nyata maupun hanya imajinasi, masih akan terus ada. “Bahkan meskipun sudah move on dan bahagia, mendengar kabar mantanmu sudah menemukan jodoh dan akan menikah bisa jadi menyakitkan,” ujarnya.

Baca Juga: 3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Berikut cara menghadapi situasi saat mantan menikah duluan seperti dikutip dari Bisnis.com pada Minggu (6/2/2022):

1. Jangan pernah curhat di media sosial

Baik secara secara terang-terangan ataupun secara implisit, tetapi ada baiknya untuk menghindari melampiaskan curahan hati (curhat) di media sosial. Penyebabnya, orang-orang di sekitar tentunya mengetahui hubungan sebelumnya dari kalian sehingga menjadi bijak untuk tidak membiarkan mereka memiliki spekulasi atau berpikir negatif tentang perasaanmu.

2. Tepis rasa cemburu

Ketika mendengar kabar tersebut, jangan biarkan kecemburuan atau perasaan galau menguasai hati dan pikiranmu. Yakinkan dirimu bahwa dirinya telah memilih pasangan lain yang lebih tepat, begitu pun sebaliknya. Fokuskan dirimu pada hal-hal yang bisa membuatmu lebih produktif dan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Berkisah Tentang Patah Hati, Lagu Wonogiri Mblenjani Janji Viral

3. Tidak perlu galau

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum datang ke pernikahan mantan pacar adalah persiapkan mental diri sendiri sekuat mungkin. Kamu harus siap menghadapi emosi atau perasaan campur aduk apapun, ketika melihat mantan kekasih berakhir di pelaminan dengan orang lain.

Selanjutnya, di nikahan mantan nanti, berusahalah bersikap tenang. Jangan sampai terlihat grogi, salah tingkah, bengong, atau memasang wajah sedih. Namun, berakhirnya hubunganmu dengan mantan bukan berarti memutuskan silaturahmi dengan keluarganya. Tunjukkan bahwa kamu orang bijak sehingga ada baiknya untuk menegur, sapa, dan ciptakan suasana akrab dengan keluarga mantan.

4. Menerima kabar itu dan mengikhlaskannya

Semua orang mengalami rasa sakit, kekecewaan, kesedihan, dan kemarahan. Penting untuk menerima emosi-emosi tersebut. McCance mengatakan, kita bisa curhat kepada teman atau bahkan menangis. “Namun kemudian, berusahalah untuk mengikhlaskannya karena menahan rasa itu hanyalah membuatmu sakit dan jika dilanjutkan akan menyiksa,” ujarnya.

Baca Juga:  3 Hari Tayang, Kukira Kau Rumah Berhasil Raup 400.000 Lebih Penonton

5. Jangan merasa perlu memberikan ucapan selamat

“Beberapa orang menganggap, jika hubungan mereka dengan mantan baik, maka ucapan selamat harus diberikan,” kata McCance. Namun, dia meyakini sebaliknya. Mantan adalah seseorang dari masa lalu. Jadi, biarkan energi tersebut pergi karena dia akan berpikir mengapa kamu memikirkan tentang ia dan pasangan barunya. Oleh sebab itu, kamu boleh untuk tidak berhubungan lagi.

6. Berhenti menguntit media sosial si mantan

McCance menyarankan untuk berhenti mengikuti (unfollow) media sosial mantanmu. Jika masih merasa sakit hati, mungkin perlu juga berhenti mengikuti teman-teman dan keluarga mereka di media sosial.

Baca Juga: Jimin BTS Sembuh dari Covid-19 dan Operasi Usus

Berhenti mengikuti bukan berarti kamu tidak tergoda mengecek media sosial mereka. McCance menyarankanmu untuk tidak melakukannya. Tahan godaan itu dan move on. “Itu lebih seperti hukuman diri. Semua rasa kasihan dan perenungan justru akan membuatmu perasaanmu semakin tidak enak,” katanya.

7. Berkumpul dengan orang-orang tercinta dan sibukkan diri

Dia melanjutkan bahwa orang yang ditinggal menikah membutuhkan energi positif dari orang-orang di sekitar untuk mengingatkan betapa luar biasanya dirimu. “Kamu membutuhkan suntikan semangat dan mereka yang mencintaimu tentu akan melakukannya,” kata McCance. Ketika suatu hari kamu mendengar berita pernikahan tersebut, McCance menyarankanmu untuk menyibukkan diri dengan serangkaian pekerjaan dan pergi ke luar rumah. “Kamu bisa memanjakan diri dengan pergi spa, misalnya. Lakukan hal-hal yang menyenangkan bagi dirimu,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya