Makin Hijau, Ratusan Pohon Ditanam di Wisata Bukit Sidoguro Klaten
Plt Kepala Disparbudpora Klaten, Sri Nugroho, dan Ketua PN Klaten, Albertus Usada, menanam pohon di objek wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Jumat (14/2/2020). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Bagian Humas Setda Klaten bersama Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten melakukan aksi penanaman pohon di objek wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Jumat (14/2/2020). Kegiatan itu digelar untuk peringatan HUT ke-53 Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten dan Hari Pers Nasional (HPN) 2020.

Ada 100-an pohon yang ditanam pada kegiatan tersebut. Jenis pohon yang ditanam diantaranya pohon cabe buya, bugenvil, serta pucuk merah. Penanaman secara simbolis dilakukan Kabag Humas Setda Klaten, Wahyudi Martono, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Sri Nugroho, serta Ketua Pengadilan Negeri (PN) Klaten, Albertus Usada.

Gunung Semeru Meletus, Waspada Runtuhnya Kubah Lava Kawah Jongging Seloko

Kabag Humas Setda Klaten, Wahyudi Martono, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Bersinar. Pohon yang ditanam diharapkan menjadi peneduh objek wisata yang ada di puncak perbukitan kapur itu.

“Kami pilih Bukit Sidoguro karena akhir-akhir ini diminati banyak wisatawan dari berbagai daerah. Harapan kami dari pohon yang ditanam kawasan bukit bisa semakin hijau,” kata Wahyudi kepada wartawan seusai penanaman pohon.

Persis Solo Tantang Persib Bandung, Salahudin: Bagus Untuk Mental Pemain

Wahyudi menjelaskan objek wisata Bukit Sidoguro memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Panorama dari puncak bukit itu lengkap. Selain pemandangan Klaten dari ketinggian, puncak bukit menawarkan pemandangan Gunung Merapi serta Rawa Jombor dan lahan petanian.

Hal itu terbukti sejak dilakukan penataan lanskap kawasan itu pada 2019 oleh pemkab menggunakan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp2,8 miliar. Kawasan puncak bukit yang sebelumnya ditumbuhi rumput serta akses hanya berupa jalan setapak kini sudah dilengkapi taman, spot selfie, hingga pohon buatan.

Pengawasan Maritim Indonesia Bakal Diperkuat Kapal Hakurei Maru

Kabid Pariwisata Disparbudpora Klaten, Ety Pusparini, mengatakan penataan kawasan Bukit Sidoguro berlanjut pada 2020. Pemkab mendapatkan DAK dari APBN senilai Rp2 miliar yang bakal dimanfaatkan untuk renovasi panggung, pintu masuk, hingga lahan parkir. (Taufiq Sidik Prakoso)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho