SOLOPOS.COM - Petugas dibantu warga memadamkan api yang membakar rumah Suroyo, warga Desa Pengkol, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jumat (21/8/2020).(Istimewa/Polsek Penawangan)

Solopos.com, PURWODADI -- Gegara Lupa mematikan kompor gas, rumah warga di Desa Pengkol, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, ludes terbakar.

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada Jumat (21/8/2020), sekira pukul 07.15 WIB. Rumah yang ludes terbakar milik Suroyo, 55, warga RT 03, RW 02, Desa Pengkol.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Pagi itu Rusmini, 49, istri Suroyo seperti biasa menanak nasi menggunakan kompor gas. Setelah itu, Rusmini langsung meninggalkan dapur dan memandikan cucunya di kamar mandi.

Tertimbun Batu, Jasad 3 Penambang di Grobogan Berhasil Dievakuasi

Tak berapa lama, anak korban, Agnes, 16, mencium bau gosong dari arah dapur. Agnes pun segera ke belakang untuk memastikan bau tersebut berasal dari apa. Betapa terkejutnya dia ketika melihat kobaran api dari kompor gas.

Api bahkan sudah membakar dinding dapur. Rumah terbuat dari kayu membuat api dengan cepat membesar. Kontan Agnes berlari ke depan memanggil kedua orang tuanya kalau dapur terbakar.

Ketika mereka kembali, api sudah terlanjur membesar, sehingga langsung keluar rumah dan berteriak meminta tolong kepada warga. Saksi Sulistiyono yang mendengar teriakan korban bersama warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Kebanjiran, Warga Terdampak Underpass Transito Solo Terpaksa Indekos

Merembet ke Rumah Lain

Sementara warga lainnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Penawangan yang meneruskan ke pos Damkar di Purwodadi. Api yang terlanjur membesar dengan cepat membakar bangunan rumah yang terbuat dari kayu.

Bahkan karena tak bisa segera dipadamkan dan tiupan angin, api akhirnya merambat ke rumah di dekatnya. Beruntung belum membakar keseluruhan rumah milik Ketua RT 03 Warsito, 41, petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi.

Dua mobil pemadam kebakaran dan satu mobil penyuplai air langsung dikerahkan. Petugas damkar, dibantu polisi dan warga sekitar akhirnya berhasil memadamkan api. Juga mencegah api merembet ke rumah lainnya.

Terbakar Api Cemburu, AW Tega Masukkan Jempol Kaki ke Kemaluan Istri

“Dalam kejadian kebakaran di Desa Pengkol, rumah milik Suroyo terbakar habis, sedang rumah Warsito hanya sebagian. Dugaan sementara penyebabnya kompor gas yang lupa dimatikan. Kerugian sekitar Rp90 juta,” jelas Kapolsek Penawangan AKP Saptono Widyo, Jumat.

Terkait insiden tersebut, Kapolsek mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada saat meninggalkan rumahnya. Terutama yang berkaitan dengan api dan listrik.

"Selalu cek instalasi listrik dan selalu cek kompor sebelum meninggalkan rumah atau melakukan aktivitas lain,” pungkasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya